SDIT Al-Hamidiyah :: Pendahuluan :: Visi dan Misi :: Kurikulum :: Prestasi :: PSB :: Ekstrakurikuler :: Fasilitas
2019-07-30 14:28:36

Bermain Belajar dan Berkompetisi Sains bersama Erlangga

Erlangga Sains Project, asyiknya bereksperimen sains.

Itulah yel-yel yang diajarkan oleh kakak-kakak dari Erlangga. Pada hari Kamis, 18 Juli 2019 di aula K.H. Achmad Sjaichu, seluruh siswa kelas 5 mendapatkan kesempatan dari penerbit Erlangga untuk mengikuti program Erlangga Sains Project. Program ini diadakan dengan tujuan agar siswa bisa bereksperimen, belajar, dan berkompetisi dalam hal sains.

Tepat pukul 09.30 WIB tim Erlangga memulai kegiatan ini. Sebelumnya, mereka membagi siswa menjadi 10 kelompok (5 kelompok putra dan 5 kelompok putri). Kegiatan ini pun dimulai dengan memperlihatkan eksperimen elephant tooth paste (odol raksasa). Bahan-bahan yang digunakan untuk percobaan ini yaitu air, sabun cair, ragi, gula dan magic liquid. Salah satu dari tim Erlangga menjelaskan tahap-tahap yang harus dilakukan agar odol raksasa ini bisa tercipta. Binar mata para siswa terlihat sangat antusias ketika eksperimen dilakukan. Ketertarikan ini lebih tampak lagi saat mereka diajak untuk terlibat langsung dalam percobaan tersebut. Beberapa siswa diberikan kesempatan untuk memasukkan bahan-bahan ke dalam gelas kimia. Selain itu, mereka juga merasakan suhu odol raksasa tersebut dengan cara memegang nampan bagian bawah. Di atas nampan tersebut terdapat odol raksasa yang sudah dibuat. Setelah itu, salah satu dari tim Erlangga memberikan pengetahuan baru tentang zat campuran dan reaksi yang terjadi pada percobaan tersebut.

Setelah belajar membuat odol raksasa, para siswa diajak untuk berkompetisi membuat roket mobil dan penyelam. Kompetisi pertama yang dilakukan adalah membuat roket mobil. Sebelum kompetisi dimulai, mereka diminta untuk menonton video pembuatan roket mobil. Video pun selesai diputar. Tim Erlangga mulai membagikan alat dan bahan kepada tiap-tiap kelompok. Mereka memberikan waktu 20 menit untuk membuat roket mobil dan mengisi lembar kerja yang telah disediakan. Tiap kelompok mulai berbagi tugas agar pembuatan mobil roket berhasil dan selesai tepat waktu. Wajah serius tampak pada beberapa kelompok. Namun, ada juga kelompok yang begitu ramai ketika melakukan eksperimen. Kelompok perempuan lebih rapi dan terarah ketika melaksanakan eksperimen dibandingkan kelompok laki-laki. Hal ini terlihat dari hasil mobil roket yang dibuat. Tim Erlangga meminta perwakilan kelompok untuk menampilkan mobil roket buatan mereka ketika waktu yang ditentukan sudah selesai. Tidak  lupa lembar kerja dikumpulkan. Suasana aula saat itu cukup ricuh karena kelompok yang belum menampilkan hasil eksperimennya banyak yang sibuk dengan kegiatan lain sehingga harus dibimbing oleh para guru yang berada di aula.

Kompetisi kedua siap dilakukan, yaitu eksperimen penyelam. Eksperimen ini ditujukan agar para siswa mengetahui prinsip kerja penyelam. Video tentang cara percobaan ini diputar oleh tim Erlangga. Setelah itu, mereka memberikan waktu 10 menit kepada tiap kelompok untuk melakukan kompetisi ini. Semua kelompok tampak sigap melakukan percobaan dalam waktu yang singkat. Beberapa kelompok bisa menyelesaikan percobaan lebih cepat namun beberapa kelompok lainnya menyelesaikan percobaan dalam waktu yang telah ditentukan.

Setelah kedua kompetisi dilakukan, kakak-kakak dari Erlangga mengumumkan pemenang dari kedua kompetisi eskperimen ini. Penilaian pemenang berdasarkan keberhasilan eksperimen dan hasil jawaban pada lembar kerja. Alhamdulillah, kelompok 3 (putri) berhasil memenangkan kompetisi eksperimen mobil roket dan kelompok 8 (putra) memperoleh kemenangan pada eksperimen penyelam. Mereka begitu bahagia memperoleh piala kemenangan. Di akhir sesi, para siswa mendapatkan pin dan susu serta foto bersama kakak-kakak dari Erlangga.

Pada kegiatan ini, kakak-kakak Erlangga juga memberikan kuis kepada siswa. Siswa yang bisa menjawab pertanyaan akan diberikan hadiah. Banyak sekali dari mereka yang ingin menjawab pertanyaan dari tim Erlangga. Hal ini tentu baik dilakukan agar para siswa lebih fokus dan bersemangat selama kegiatan. 

Kegiatan belajar, bereksperimen dan berkompetisi sains ini sangat menarik untuk dilakukan para siswa. Banyak siswa yang menunjukkan ketertarikannya saat belajar dengan praktik secara langsung. Tidak hanya pada pelajaran sains tetapi juga pada pelajaran lainnya. Semoga dengan adanya kegiatan ini akan lahir calon-calon ilmuwan yang cemerlang di masa yang akan datang.

Fakhri salah satu siswa level 5 dari kelas Khalid menyatakan kesannya selama mengikuti kegiatan; "Kegiatannya seru banget, apalagi pas uji coba mobil roket, deg-degan. Semoga ada lagi kegiatan seperti ini ke depannya."

Sementara Miss Ega selaku guru Sains di level 5 menyatakan: "Menurut aku,  acaranya menarik menumbuhkan minat anak-anak untuk pelajaran sains.  Terus juga menumbuhkan pikiran bernalar anak dengan memberi kesimpulan di setiap percobaan yang dilakukan. Mudah-mudahan anak-anak terus termotivasi untuk belajar,  terutama beraktivitas di pelajaran sains."

Created by: Rahma (guru Bahasa Indonesia level 5 SDIT Al-Hamidiyah)