Kegiatan
Home / Kegiatan

Sayembara Logo "Santri KITAB"

Dibuat Tanggal 07 September 2021
Tanggal 06 September 2021 9:00 AM - 09 Oktober 2021 11:59 PM
Written by admin Hits: 1085

Arahan pembuatan logo KITAB
Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, Yayasan Islam Al-Hamidiyah meluncurkan program Santri KITAB yang akan dijadikan sebagai salah satu identitas dari Pesantren Al-Hamidiyah. Sehubungan dengan hal tersebut, Yayasan Islam Al-Hamidiyah mengadakan kompetisi terbuka untuk umum (individu/tim) yaitu "Sayembara Logo Santri KITAB" yang nantinya desain logo dapat diimplementasikan pada berbagai kebutuhan komunikasi maupun produk turunannya.

Latar Belakang Yayasan

Yayasan Islam Al-Hamidiyah (YIH) yang didirikan pada tahun 1988 merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam terbaik di Depok, khususnya Jawa Barat. Lembaga Pendidikan Islam Al-Hamidiyah menawarkan jenjang pendidikan yang terintegrasi mulai dari pendidikan anak usia dini sampai perguruan tinggi. Pada awal pendiriannya, YIH menawarkan pendidikan yang berfokus pada kepesantrenan sehingga menjadi salah satu pusat dakwah Islam di kawasan Depok, Jawa Barat selama lebih dari 30 tahun. Sesuai perkembangan zaman, Lembaga Pendidikan Al-Hamidiyah Depok selalu melakukan inovasi dalam menyesuaikan kebutuhan zaman agar selalu menjadi lembaga pendidikan yang terbaik. 

Untuk mempertajam identitas dan nilai-nilai karakteristik Al-Hamidiyah agar sesuai dengan perkembangan zaman, divisi kepesantrenan YIH merumuskan Grand Design Kepesantrenan 2021-2025 dengan memadukan kurikulum salafiyah (klasik) dengan ‘ashriyyah (modern) yang diterjemahkan ke dalam program karakteristik santri “KITAB” (Komunikatif, Inovatif, Terbuka, Argumentatif, Berintegritas).

Filosofi karakteristik santri KITAB ini pada praktiknya akan diintegrasikan dalam kurikulum belajar, kemudian diterjemahkan dalam program dan dimanifestasikan ke dalam seluruh kegiatan aktivitas daur santri sehari-hari yang melibatkan seluruh civitas akademika Al-Hamidiyah, mulai dari santri, guru, sampai pembina dan pengasuh pesantren. 


Tafsir Karakter Santri KITAB

Tafsir karakter KITAB dalam jangka panjang diproyeksikan untuk menjadi ciri khas, pembeda, atau nilai jual yang unik dari Pesantren Al-Hamidiyah. Mengingat nilai-nilai yang ada di dalamnya bersifat universal, maka secara substantif karakter KITAB juga diharapkan dapat terinternalisasi pada peserta didik di semua unit yang berada di bawah naungan Yayasan Islam Al-Hamidiyah.

Tujuan dari Grand Design Kepesantrenan 2021-2025 adalah penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Pesantren Al-Hamidiyah untuk menciptakan santri berkarakter KITAB. Secara harfiah, kata “kitab” sendiri berarti buku, yang secara khusus merujuk pada kitab-kitab keagamaan. Berikut adalah penjelasan filosofis dari masing-masing karakter tersebut:

Komunikatif - Menciptakan lingkungan santri yang berwawasan Internasional sehingga dapat memiliki kemampuan berbahasa internasional serta keluwesan dalam berdakwah.

Inovatif - Memberikan kebebasan santri dalam berkreasi agar memiliki jiwa entrepreneurship dan inovasi secara berkelanjutan, dengan pemanfaatan teknologi dan literasi digital yang maksimal.

Terbuka - Berpandangan terbuka (open-minded), menghargai serta mempertimbangkan pandangan, gagasan, dan argumen yang berbeda. Dalam konteks visi Pesantren Al-Hamidiyah, adalah berwawasan luas dan berjiwa besar. Mendorong santri untuk selalu haus untuk mendapatkan pengetahuan, perspektif, dan pengalaman baru yang belum diketahui. 

Argumentatif - Memahami dan menguasai ilmu pengetahuan keislaman berdasar pada sumber primer seperti Al-Quran, hadist, dan kitab-kitab karangan para ulama, baik ulama klasik maupun modern, termasuk kitab-kitab (turats) karangan ulama Nusantara, sehingga mampu menjelaskan sesuatu berdasarkan pada alasan dan argumen yang kuat.

Berintegritas - karakter yang senantiasa menunjukkan perilaku dan akhlak yang baik (akhlakul karimah) dalam kegiatan sosial bermasyarakat. 

Kata KITAB sendiri merupakan anagram dari BATIK apabila dibaca dari urutan yang berbeda. Seperti yang kita ketahui, BATIK merupakan simbol budaya Indonesia yang telah diakui UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bedawi. BATIK memiliki motif beragam dari Sabang sampai Merauke yang masing-masing memiliki motif dengan ciri tersendiri, berbeda namun tetap satu garis dalam warna keIndonesiaan. Dalam konteks santri KITAB, arti BATIK (anagram KITAB) dapat bermakna cinta tanah air dan cinta kebudayaan Indonesia.


Tema & Kriteria Desain
  1. Desain Logo harus mencerminkan atau memuat gagasan 5 filosofi Santri KITAB di atas namun (masih memiliki kaitan?) satu benang merah (inline) dengan desain logo Yayasan Islam Al-Hamidiyah dan menggunakan identitas Yayasan Islam Al-Hamidiyah sebagai panduan utama.
  2. Logo yang dikembangkan diharapkan memasukkan unsur BATIK ke dalam motifnya.
  3. Desain motif BATIK bebas menggunakan warna apa saja, dengan melampirkan filosofi warna yang digunakan tersebut.
  4. Desain motif BATIK dari logo tersebut agar diaplikasikan ke beberapa produk turunannya seperti kain batik untuk sarung, kemeja, jilbab, mug, tumbler, stationery, dan lainnya. Contoh penggunaan motif batik KITAB pada kain lebih diutamakan.
  5. Preferensi desain: clean minimalis, ethnical, perpaduan modern tradisional (batik modern), sasaran audiensi remaja-dewasa muda, kisaran umur di bawah 20 tahun.

Target

Umum (individu/tim), kalangan mahasiswa/siswa kejuruan Desain Komunikasi Visual, santri, dll.


Syarat & Ketentuan
  • Kompetisi terbuka untuk umum (individu/tim), baik santri maupun masyarakat umum.
  • Peserta tidak dipungut biaya apapun.
  • Desain dikirim ke alamat email: humasalhamidiyah@gmail.com paling lambat tanggal 09 Oktober 2021 beserta melampirkan nama dan nomor kontak.
  • Peserta mengirimkan desain dengan format 300 dpi, dan memiliki ukuran berkas minimal 2.5 MB dan maksimum 20 MB.
  • Peserta wajib mengirimkan file logo dalam bentuk file asli berupa format: pdf, jpeg, jpg, png, tif, tiff, ai, eps.
  • Desain yang dikirimkan menggunakan palet warna yang telah ditentukan oleh pihak penyelenggara.
  • Peserta dapat mengirimkan maksimal 3 (tiga) desain logo.
  • Logo yang disayembarakan/dilombakan mengacu pada Tafsir Karakter Santri Kitab.
  • Peserta dapat menyertakan dokumen pendukung untuk desain mereka, misalnya panduan gaya, filosofi desain secara singkat, dll.
  • Peserta wajib mem-follow (mengikuti) akun media sosial Yayasan Islam Al-Hamidiyah, antara lain: Facebook: Al-Hamidiyah Depok Instagram: @alhamidiyah_official; dan subscribe channel YouTube: Yayasan Islam Al-Hamidiyah, yang dibuktikan dengan screenshot yang dilampirkan bersamaan dengan waktu peserta mengirim materi desain.
  • Desain yang diikutsertakan merupakan karya asli atau karya sendiri, bukan hasil jiplakan/plagiasi, belum pernah diikutsertakan pada kompetisi/sayembara lainnya, serta tidak terikat hak cipta apapun dan belum pernah dipublikasikan dalam media apa pun (termasuk media sosial).
  • Desain tidak boleh mengandung unsur yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia; kesusilaan, moral, dan SARA (Suku, Agama, dan RAS) tertentu, kekerasan, promosi produk komersial, serta tidak mengandung unsur pornografi.
  • Hak cipta seluruh desain peserta yang dikirimkan menjadi sepenuhnya milik Yayasan Islam Al-Hamidiyah Depok.
  • Panitia berhak melakukan perubahan atas karya pemenang jika dirasa perlu untuk penyempurnaan Desain logo.
  • Penyelenggara berhak menggunakan desain logo yang dikirimkan untuk kepentingan publikasi apapun.
  • Penyelenggara berhak mendiskualifikasi dan membatalkan pemenang lomba  jika salah satu syarat tidak dipenuhi dan apabila dikemudian hari ditemukan kecurangan yang dilakukan peserta.
  • Keputusan Pemenang ditentukan oleh Yayasan Islam Al-Hamidiyah Depok berlaku mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


Waktu Pelaksanaan

Batas akhir pengiriman desain logo adalah pada tanggal 9 Oktober 2021, pukul 23.59 WIB.

Desain dikirim kepada penyelenggara melalui alamat email:  humasalhamidiyah@gmail.com dengan subjek: SLSK-2021 (spasi) Nama, (spasi) No. Handphone (Contoh: SLSK-2021 Irma, +62812345678)

Pengumuman akan dilakukan tanggal 18 Oktober 2021 melalui Situs Resmi (al-hamidiyah.sch.id) social media kami, Instagram: alhamidiyah_official, Facebook: Al-Hamidiyah Depok dan dihubungi oleh pihak penyelenggara.


Kriteria Penilaian

Evaluasi akan dilakukan oleh dewan juri Yayasan Islam Al-Hamidiyah Depok. Anggota juri akan memilih karya pemenang berdasarkan:

  1. Kejelasan, unsur filosofis dan kekuatan pesan secara eksplisit maupun implisit.
  2. Nilai artistik, tipografi dan estetika secara keseluruhan, kemampuan komunikasi, dan kemudahan penggunaan dan reproduksi.
  3. Pihak penyelenggara dapat meminta pemenang untuk menyesuaikan desain pemenang sebelum diseminasi.
  4. Pihak Penyelenggara akan mengambil 3 pemenang.
  5. Pemenang kompetisi ditentukan sepenuhnya oleh dewan juri, keputusan dewan juri dan penyelenggara mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.


Hadiah & Pemenang

Total hadiah untuk pemenang adalah uang tunai senilai Rp. 6.000.000,-

Juara 1: Rp. 3.000.000,-

Juara 2: Rp. 2.000.000,-

Juara 3: Rp. 1.000.000,-

E-Sertifikat dan Merchandise dari Al-Hamidiyah


LAMPIRAN 
I. Palet Warna Yayasan Islam Al Hamidiyah Depok

II. Font Yayasan Islam Al Hamidiyah Depok




Postingan Terbaru