Home > Berita
Berita

Peringatan HUT RI Ke-75 secara Daring

Kamis, 02 September 2021 Oleh SDIT 73 kali

 

SDIT Al-Hamidiyah tetap melaksanakan berbagai kegiatan meskipun dalam suasana pandemi seperti saat ini. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yaitu kegiatan peringatan HUT RI ke-75 yang dilaksanakan secara daring.

Kegiatan peringatan HUT RI ke-75 dilaksanakan dalam dua kegiatan yaitu pelaksanaan upacara detik-detik Proklamasi dan lomba peringatan HUT RI. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa patriotisme, nasionalisme dan rasa cinta  tanah air sebagai bangsa Indonesia. Selain itu, untuk mengembangkan kemampuan bakat dan prestasi peserta didik lewat lomba daring serta menumbuhkan semangat pantang menyerah, bertanggung jawab dan sikap sabar murid dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Upacara detik-detik proklamasi diikuti oleh beberapa perwakilan siswa kelas 1 - 6, FOMG, perwakilan orang tua, dewan guru dan pihak Yayasan Islam Al-Hamidiyah  via Zoom pada pukul 09.30 WIB. Saat pukul 10.10 WIB petugas menyalakan sirine yang menandakan para peserta untuk mengheningkan cipta seraya berdoa untuk para pahlawan. Kegiatan ini memberikan pengalaman baru baik bagi peserta didik, para orang tua maupun para guru. Biasanya, kegiatan upacara HUT RI  dilakukan secara langsung di halaman sekolah namun sekarang upacara ini harus dilakukan secara virtual. Hal ini diharapkan tidak mengurangi esensi dan khidmatnya upacara.

Untuk kegiatan lomba dilaksanakan sama seperti pelaksanaan upacara. Para siswa mengikuti lomba daring mulai dari tanggal 12-15 Agustus 2020.  Setiap siswa diberi kesempatan mengikuti setiap jenis lomba di levelnya masing-masing. Adapun jenis lomba yang dilaksanakan antara lain lomba membaca teks proklamasi, lomba membuat komik, lomba mewarnai, lomba membuat poster, dan lain-lain.  Siswa diberikan  waktu selama 4 hari untuk menyelesaikan hasil karyanya, kemudian diserahkan kepada guru kelas masing-masing untuk dipilih 3 hasil karya terbaik.  Selanjutnya, para juri akan menilai untuk menentukan pemenang juara 1-3 dan harapan 1-3 pada setiap jenis lomba di setiap level.

Pengumuman pemenang lomba dilakukan melalui Zoom oleh guru kelas masing-masing level. Selanjutnya, untuk pengambilan hadiah pemenang dilakukan secara drive thru. Para pemenang dan orang tua sangat antusias dalam pengambilan hadiah secara  drive thru. Hal ini disebabkan pertama kalinya pengambilan hadiah dilaksanakan dengan sistem tersebut.

(Red: Angga Rizki Muharram -Guru PJOK untuk SDIT Al-Hamidiyah)