MTS Al-Hamidiyah :: Pendahuluan :: Visi dan Misi :: Kurikulum :: Prestasi :: PPDB :: Fasilitas :: Ekstrakurikuler
2019-10-11 15:28:07

Akreditasi MTS

Akreditasi Madrasah Tsanawiyah (MTS)

Depok Rabu 17 Juli 2019, Tim Asesor Badan Akreditasi tiba di Yayasan Islam Al-Hamidiyah untuk melakukan Visitasi Akreditasi. Kegiatan tersebut berlangsung 2 hari, mulai dari tanggal 17 Juli 2019 s.d 18 Juli 2019. Acara berlangsung di gedung Madrasah Tsanawiyah (MTS) Al-Hamidyah yaitu yang berlokasi di Jl. Raya Depok Sawangan, KM. 2 No. 12, Kota Depok. Kegiatan ini dilakukan untuk mengakreditasi ulang sekolah/madrasah, dari periode visitasi akreditasi sebelumnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menentukan kelayakan tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTS) Al-Hamidiyah dalam pelayanan pendidikan sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional, dan juga sebagai suatu indikator dalam pengukuran semua aspek pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah/ madrasah dalam peningkatan indeks mutu pendidikan, karena mendapatkan nilai tinggi sudah menjadi kebutuhan setiap sekolah.

Badan Akreditasi Propinsi (BAP) mengutus 2 (dua) orang Tim Asesor yaitu Dra. Taty Rahayuningsih, M.Pd dan Drs. Sumardiyanto, M. Pd. Penilaian BAN terkait mutu pendidikan sekolah meliputi 8 standar nasional pendidikan, yakni Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Pendidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian Pendidikan.

Kedatangan tim Asesor disambut oleh kepala Madrasah MTs Al-Hamidiyah Depok, seluruh dewan guru dan siswa yang memang telah jauh hari telah mempersiapkan segalanya.

Tim Asesor dan Guru

Setelah tiba di Madrasah Tim Asesor bersama kepala Madrasah melakukan pengamatan langsung fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Madrasah MTs Al-Hamidiyah Depok. Setelah melakukan pengamatan tim asesor melanjutkan, pemeriksaan dokumen atau perangkat akreditasi sekolah lainnya dan melakukan pemantauan di sekolah secara menyeluruh serta detail. Salah satunya adalah pemantauan kegiatan ekstrakulikuler, ditampilkan oleh siswa secara langsung diantaranya ekskul basket, futsal, marching band, tari saman, pencak silat, dan palang merah remaja. 

Tari Saman

Basket

Pencak Silat

Futsal

Pencak Silat

Saat ini, proses Akreditasi telah berlangsung dan selesai dilakukan. Alhamdulilah, Hasil Akreditasi pun sangat memuaskan, yaitu dengan mendapatkan Hasil “Terakreditasi A (UNGGUL) dengan Nilai 98”. 

 

Sertifikat Akreditasi

(Red: Irma. Rakhmawati sebagai Humas Al-Hamidiyah)