TK - KG Al-Hamidiyah :: Pendahuluan :: Visi dan Misi :: Kurikulum :: Prestasi :: PPDB :: Fasilitas :: Ekstrakurikuler
2020-05-04 17:09:23

Juara I Mewarnai TK Al-Hamidiyah Pada Ajang Lomba Depok Creativity Covid-19 Education

Ajang Lomba Depok Creativity Covid 19 Education (Program Pembelajaran di Rumah) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok beberapa minggu lalu, telah menghasilkan pemenang. Salah satu pemenang Juara I dari TK Al-Hamidiyah.

Ajang Lomba Depok Creativity Covid 19 Education (Program Pembelajaran di Rumah) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok beberapa minggu lalu, telah menghasilkan pemenang.

Acara yang digagas oleh Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok tersebut, dapat memberikan pembelajaran yang bervariasi bagi siswa saat belajar di rumah selama pandemi Covid-19. 

Apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan lomba ini, anak-anak butuh situasi yang bermakna untuk menekan kejenuhan saat belajar di rumah. Terlebih, kegiatan ini sejalan dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indinesia yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 4 Thn 2020 ttg Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalan Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid 19),” Ujar Farida selaku Anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok, dalam keterangan persnya.

Farida menuturkan, kegiatan tersebut juga bisa membantu orangtua melalui tema yang spesial. Tentunya sebagai pembelajaran anak tentang pencegahan Coronavirus atau Covid-19. 

Dikatakannya, melalui lomba ini juga siswa dapat memahami tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang menyenangkan di lingkungan keluarga. Selain dapat menguatkan kedekatan yang lebih erat bersama keluarga. 

“Selain untuk pembelajaran, lomba ini juga dapat menjadi langkah dalam membiasakan anak untuk hidup bersih. Terutama sebagai upaya pencegahan Covid-19,” tambahnya. 

Farida berharap, siswa dapat menikmati proses belajar di rumah selama pandemi Corona. Dengan begitu, siswa dapat terus menambah ilmu dan wawasan meskipun tidak berada di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, M Thamrin didampingi Ketua TP PKK Kota Depok, Hj Elly Farida memberikan penghargaan berupa piala dan piagam penghargaan kepada 24 pemenang dari berbagai macam kategori.

“Kami memberikan apresiasi kepada siswa yang kreatif dalam pembelajaran jarak jauh yang kami gelar untuk siswa TK. Temanya terkait Covid 19, mereka mewarnai bagaimana cara mencuci tangan dengan baik dan benar. Untuk siswa SD temanya menggambar dan bercerita tentang virus corona,” ujar Thamrin kepada Jurnal Depok.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok mengumumkan dan memberikan hadiah kepada siswa dan guru yang berhasil menjadi juara dalam ajang Depok Creativity Covid-19 Education. Ajang tersebut ditujukan ke semua jenjang yang ada dalam naungan Disdik Kota Depok, yakni TK, SD, dan SMP.

Kepala Disdik Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, untuk jenjang pendidikan TK, di kategori siswa dibagi menjadi dua, yakni tingkat TK A dan TK B. Hal sama juga di di kategori SD, yakni ada tingkat rendah untuk siswa kelas I – III, dan tingkat tinggi untuk siswa kelas IV – VI. Sedangkan untuk jenjang SMP, hanya ada satu saja.

Dikatakannya, hampir semua sekolah TK dan PAUD yang jumlahnya ratusan di Kota Depok ikut serta dalam kegiatan tersebut. Begitu juga dengan siswa sekolah SD dan SMP yang mewakili sekolahnya masing-masing.

“Untuk lomba mewarnai siswa TK/PAUD ada sekitar 900an, lomba menggambar siswa SD ada 400 peserta, siswa SMP 200 dan tenaga pendidik juga dengan jumlah yang sama. Masing-masing sekolah mengirimkan materi pembelajaran jarak jauh, kami ambil pemenangnya juara 1, 2 dan 3,” terangnya.

“Semuanya bertemakan tentang pencegahan Virus Corona dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Thamrin menjelaskan, tujuan dari diadakannya perlombaan, agar guru dan siswa bisa tetap kreatif meskipun menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jadi, memaksimalkan materi yang ada dengan teknologi ataupun dengan materi yang dimilikinya.

“Intinya adalah memberi semangat kepada guru dan siswa tetap bisa melaksanakan PJJ dengan maksimal dan oprimal,” terangnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Depok, Elly Farida menjelaskan, work from home (WFH) ataupun PJJ tidak membuat dunia pendidikan terhenti untuk berkreasi dan kreatif. Dengan adanya perlombaan tersebut, tentunya bisa memicu guru dan siswa untuk bersemangat belajar meskipun jarak jauh.

“Adanya pandemi virus Korona, bukan berarti prestasi berhenti, semua tetap harus berjalan dengan menyesuaikan keadaan untuk semakin kreatif,” terangnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan, maksud dan tujuan diselenggarakannya lomba tersebut tak lain agar para siswa dan tenaga pendidik tahu bagaimana cara melakukan pencegahan terhadap virus corona dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk tetap berkreativitas meskipun kegiatan belajar dilakukan di rumah.

“Kami berikan semua tema ini kepada masing-masing jenjang dan kapasitas siswa. Kami melihat banyak talenta-talenta yang luar biasa baik itu siswa yang mewarnai, menggambar maupun membuat video,” jelasnya.

Hal tersebut, sambungnya, menunjukkan kreativitas dan semangat para siswa di tengah pandemi corona tetap berjalan baik.

“Ini bukan lomba mengada-ngada, tapi semata-mata kami di dinas ingin memberikan motivasi kepada seluruh seluruh siswa dan tenaga pendidik tetap melakukan proses belajar dan mengajar. Dengan apresiasi ini diharapkan para siswa dapat lebih semangat lagi dan meredam kepanikan serta dapat memberikan pembelajaran bagiamana cara menerapkan PHBS untuk mencegah corona.”

Dalam kesempatan ini, Alhamdulilah TK Al-Hamidiyah menjadi salah satu Juara pada Ajang Lomba Depok Creativity Covid 19 Education 2020 (Program Pembelajaran di Rumah) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Depok. Yaitu mendapatkan JUARA I Lomba Mewarnai Kelompok usia 3-4 tahun (Siswa), Atas Nama Qudsiyyah Djibril Putri Alfard (SABIL) dari TK - A Montessori Al-Hamidiyah.


Berita serupa :

https://www.jabarsatu.com/2020/04/01/lomba-depok-creativity-covid-19-education/

https://www.radardepok.com/2020/04/pendidikan-depok-tetap-berprestasi-di-pandemi-korona/

https://www.jurnaldepok.id/2020/04/29/ikuti-lomba-depok-creativity-covid-19-education-disdik-apresiasi-guru-siswa/

Redaksi : Irma R. sebagai Staff Humas