MTS Al-Hamidiyah :: Pendahuluan :: Visi dan Misi :: Kurikulum :: Prestasi :: PPDB :: Fasilitas :: Ekstrakurikuler
2019-11-20 16:05:32

Memperingati Hari Pahlawan

Upacara Hari Pahlawan

Hari ini, seluruh santri Pesantren Al-Hamidiyah melakukan Upacara Khusus Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November.

Upacara ini dilakukan dengan maksud untuk menghormati jasa-jasa pahlawan Indonesia yang telah berjuang melawan penjajah pada masa sebelum dan awal kemerdekaan. Upacara yang dipimpin oleh Kepala Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah, K.H. Drs. A. Zarkasyi tersebut berjalan dengan khidmat, petugas upacara juga melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik.

Setelah pembacaan Pancasila dan janji santri serta pengibaran Bendera Merah Putih, terdapat acara tambahan berupa parade pembacaan sejarah kehidupan beberapa tokoh Nahdatul Ulama (NU) bergelar pahlawan Nasional.

Para santri yang ditugaskan membawa foto para tokoh Nasional NU, seperti; Tokoh utama pendiri Nahdatul Ulama yaitu Hadratussyekh KH Hasyim As’yari, Presiden ke-4 Republik Indonesia yaitu KH Abdul Wahid Hasyim (Gus dur) dan KH As’ad Syamsul Arifin salah satu kyai yang berperang melawan penjajah di Situbondo, Jawa Timur dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat juga pembacaan sejarah singkat pendiri pesantren Al-Hamdiyah yaitu KH Achmad Sjaichu yang semasa hidupnya merupakan salah satu tokoh penting dalam Nahdatul Ulama (NU) terutama di cabang Surabaya pada periode 1950an.

Penutupan dari Upacara Khusus Hari Pahlawan ditutup dengan pemberian penghargaan “Santri Teladan”  yang diberikan kepada tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) putra dan putri. Penghargaan tersebut diberikan oleh kepala sekolah MTs dan MA.

(Red: Almira Hakim sebagai staff humas)

Editor : Irma Rakhmawati