2020-05-04 19:57:48

Peran serta aktif Lazis Al-Hamidiyah dalam membantu masyarakat sekitar yang terkena dampak ekonomi dari Covid-19

Lazis Al-Hamidiyah sebagai lembaga sosial yang dikelola langsung oleh Yayasan Islam Al-Hamidiyah

Lazis Al-Hamidiyah sebagai lembaga sosial yang dikelola langsung oleh Yayasan Islam Al-Hamidiyah merasa terpanggil untuk mendukung dan berperan serta aktif membantu Pemkot Depok mengatasi dampak sosial ekonomi yang terjadi dengan membagikan Paket Sembako kepada masyarakat sekitar Pesantren Al-Hamidiyah Depok yang membutuhkan (terdampak pandemi virus Corona). Program pembagian sembako ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Al-Hamidiyah kepada masyarakat di sekitar.

 

Sebelum melakukan distribusi bantuan, Lazis Al-Hamidiyah membuka Donasi yang ditujukan kepada seluruh civitas akademik Al-Hamidiyah maupun masyarakat umum yang memiliki kelebihan rezeki untuk berbagi dengan sesama. Alhamdulillah dalam penggalangan donasi tersebut, pertanggal 28 April 2020 mendapatkan Pemasukan sebesar Rp. 23.720.000.

 

Adapun pelaksanaan distribusi bantuan sembako tersebut dilakukan dengan memberikan secara langsung kepada warga yang sebelumnya sudah ada dalam database milik Lazis Al-Hamidiyah. Dalam pelaksanaan distribusi Lazis Al-Hamidiyah mematuhi prosedur yang telah ditetapkan oleh pemerintah Kota Depok yang sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB dan mengacu pada protokoler YIA.

Atas instruksi Yayasan Islam Al-Hamidiyah, yang menghendaki area Pesantren Al-Hamidiyah harus steril dari masyarakat luar, maka kegiatan dipindahkan ke halaman gedung STAI Al-Hamidiyah. Perubahan tempat kegiatan tersebut, mengharuskan panitia meninjau kembali jadwal kegiatan yang telah disusun.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 1 Mei 2020 lalu, dimulai pukul 09.00 - 11.00 (sessi 1), dilanjutkan pukul 13.00 - 15.00 (sessi 2).

 

Pada pembagian sessi 1, mustahik yang datang kurang lebih 75 orang. Kedatangan mereka tidak bergerombol, tetapi satu demi satu sehingga memudahkan pembagian sembako. Mustahik yang datang sudah melengkapi diri dengan masker. Bagi yang tidak bermasker, langsung diberi masker oleh panitia untuk langsung dipakai (jumlahnya sedikit). Seluruh mustahik, wajib diukur suhu badannya sebelum menerima bantuan.

 

Pada pembagian sessi 2 (setelah dzuhur), mustahik datang dalam satu gelombang besar (75 orang). Panitia di bantu sekuriti, membuat dua barisan antrian dengan jarak + 1,5 meter.

Mustahik terlebih sudah diinformasikan untuk memakai masker, dan tidak datang bergerombol. Semua mustahik yang datang harus melalui tes suhu badan. Setelah itu mencuci tangan dengan desinfektan yang disiapkan oleh panitia. Lalu mereka mengambil sendiri Paket yang disediakan oleh panitia setelah menandatangani daftar hadir.

 

Penyerahan oleh panitia, hanya dilakukan secara simbolik untuk kepentingan dokumentasi saja selanjutnya masyarakat melakukan segala sesuatunya sendiri atau swalayan (mengisi daftar hadir kemudian mengambil sembako) dengan arahan dari panitia.

Alhamdulilah kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar dan aman. Sebanyak 150 paket sembako telah disalurkan dan diberikan kepada 150 warga kurang mampu di sekitar Pesantren Al-Hamidiyah, diantaranya pemulung, tukang sampah, tukang sol, dan pedagang kecil keliling serta warga-warga lain dari RT 01 RW 13 Kelurahan Rangkapan Jaya.

 

Isi paket bantuan sembako yang diberikan yaitu berupa beras 5 kg, makanan kaleng, mie instan, minyak goreng dan biskuit). Mudah-mudahan bantuan sembako ini dapat membuat mereka tersenyum bahagia dan setidaknya dapat meringankan beban mereka yang terdampak Covid-19. Insya Allah bantuan Tahap II berikutnya akan dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

 

Para Donatur yang dermawan dan dimuliakan oleh Allah SWT, terima kasih atas berbagai bantuannya. Marilah untuk tetap mengambil peran aktif dengan memberikan sebagian dari harta yang kita miliki untuk mereka yang membutuhkan terutama bagi masyarakat berpenghasilan kecil yang terkena dampak pandemi Covid-19. "Insya Allah Donasi yang telah disalurkan melalui Lazis Al-Hamidiyah amanah (disalurkan kepada yang berhak). Semoga donasi dari para donatur akan mendapatkan pahala dan rezeki yang berlipat terutama di bulan ramadhan ini.” Aamiin YRA..

Redaksi : Irma R. sebagai Staff Humas

Capture : Hana & Shabrina sebagai Staff Humas