SDIT Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

LDKS 2024 SDIT Al-Hamidiyah: Menyemai Jiwa Kepemimpinan Sejak Dini

Jum'at, 27 September 2024 Oleh Hana Qonita 155 kali

Depok - Pada tanggal 14 September 2024 bertempat di Aula K.H. Achmad Sjaichu, SDIT Al-Hamidiyah kembali mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi calon pengurus Student Council periode 2024-2025. LDKS kali ini diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari 26 siswa kelas 4 dan 24 siswa kelas 5. Para peserta ini sudah melalui seleksi tahap 1 (wawancara tertulis dan lisan) dan tahap 2 (pengamatan dari kedisiplinan, tanggung jawab, akademik, dan non akademik).

 

Acara berlangsung mulai pukul 06.30 WIB dengan kegiatan senam bersama dipimpin oleh Pak Amar yang kemudian dilanjutkan pembukaan kegiatan LDKS oleh Kepala SDIT Al-Hamidiyah, Ibu Anis Anisya, S.Pd. Dalam sambutannya beliau mengajak peserta untuk semangat mengikuti kegiatan LDKS sehingga bisa memperolah ilmu pengetahuan dan pengalaman sebagai bekal menjadi calon-calon pemimpin di masa yang akan datang, khususnya pada Student Council SDIT Al-Hamidiyah. Selain itu, beliau menyampaikan tujuan kegiatan LDKS  yaitu:

  1. membangun karakter,

  2. mengembangkan kemampuan kerja sama,

  3. meningkatkan rasa percaya diri,

  4. menanamkan sikap mandiri dan tanggung jawab,

  5. mempersiapkan siswa menjadi pemimpin yang baik di masa depan,

  6. meningkatkan jiwa sosial.


Kegiatan berikutnya berupa pemberian materi tentang kepemimpinan dalam pandangan Islam, oleh Ustaz Irfan Zidny, Lc., kemudian dilanjutkan kegiatan kolaboratif yang berisi permainan atau tugas kelompok yang dipandu oleh Kak Bobby.  Adapun tujuan dari kegiatan ini untuk menjelaskan peran seorang pemimpin dan anggota dalam meningkatkan kerja sama dan pemecahan masalah. Setelah itu, Kak Anda, narasumber lainnya, memaparkan konsep pemimpin dan anggota yang ideal. Ia membahas karakteristik pemimpin dan anggota yang efektif, seperti visi yang jelas, kemampuan komunikasi, integritas, kemampuan mengambil keputusan dan empati.


Hal yang menarik dari kegiatan LDKS tahun ini yaitu adanya pembicara dari alumni SDIT Al-Hamidiyah angkatan ke-2 yaitu Ustaz Irfan Zidny, Lc. yang juga merupakan pengasuh Pondok Pesantren Qatrunnada di Kota Depok. Selain memperoleh materi dari beberapa narasumber, kegiatan LDKS juga diisi dengan aktivitas yang penuh interaksi seperti ice breaking melakukan simulasi peran. Siswa berperan sebagai pemimpin dalam situasi tertentu dan memecahkan solusi yang diambil. Di samping itu, ada pula sesi refleksi individu mengenai pembelajaran selama LDKS.


Muhammad Ibrahim Rahadian, atau biasa disapa Ibrahim, salah satu peserta dari kelas 4 Utsman bin Affan, ketika ditanya kesan mengikuti kegiatan LDKS menjawab sangat seru sekali. Menurutnya, pada kegiatan LDKS ini ia banyak memperoleh ilmu pengetahuan tentang cara menjadi pemimpin yang baik dari para pembicara. Ia pun merasa paling senang saat mengikuti kegiatan bersama Kak Bobby, yaitu memasukkan tali ke dalam botol dengan mata tertutup. Bagi Ibrahim dan kelompoknya kegiatan tersebut sangat seru dan menantang kerja sama.

Semoga kegiatan LDKS tahun ini dapat membantu siswa menjadi individu yang lebih mandiri, bertanggung jawab, dan mampu memberikan kontribusi positif dalam lingkungan sekolah dan masyarakat. Adapun tindak lanjut dari kegiatan ini, SDIT Al-Hamidiyah akan mengadakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Student Council melalui Pemilu Raya yang melibatkan seluruh siswa dan dewan guru.

 

Penulis : Suriyadi, S.Pd.I.

Penyunting: Humas YIA

Archive