Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Puncak Pembelajaran Al-Qur’an 3 Tahun, SMPI Al-Hamidiyah Selenggarakan Wisuda Al-Qur’an

Jum'at, 16 Juni 2023 Oleh Irma Rahmawati 1327 kali

SMP Islam Al-Hamidiyah kembali menyelenggarakan kegiatan WIsuda Al-Qur’an ke-4 pada Sabtu, 21 Zulqa’dah 1444 H atau 10 Juni 2023 di Aula SMP Islam Al-Hamidiyah. Kegiatan ini merupakan puncak pembelajaran Al-Qur’an setelah 3 tahun peserta didik mendalami ilmu Al-Qur’an yang meliputi: Tahsin Tahfidz Tajwid Al-Qur’an pada juz 28, 29, dan 30. 

Kegiatan WIsuda Al-Qur’an ke-4 tahun ini mengusung tema “Muliakan Hidupmu Bersama Al-Qur’an” dengan tujuan agar peserta didik dapat mengoptimalkan kegigihan dan semangat yang tak pernah padam untuk belajar Al-Qur’an, karena dengan Al-Qur’an hidup manusia akan menjadi mulia.

Ada 3 kategori lulusan pada WIsuda Al-Qur’an ke-4 tahun ini, yaitu Tahsin Tahfidz Tajwid Juz 28 (3 wisudawan/wati), Tahsin Tahfidz Tajwid  Juz 29 (39 wisudawan/wati), dan Tahsin Tahfidz Juz 30 (53 wisudawan/wati). Total keseluruhan adalah 95 wisudawan/wati.

Sebelum dilaksanakan Wisuda Al-Qur’an ini, terlebih dahulu peserta didik mengikuti rangkaian kegiatan bimbingan belajar dan pra Munaqasyah juz 28, 29, 30 oleh dewan guru tahsin Tahfidz Al-Qur’an internal. Kemudian mereka diuji kembali kompetensi Al-Qur’annya dalam ujian akhir Munaqasyah Al-Qur’an yang para penguji/munaqisy-nya berasal dari lembaga Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffaz Nahdhatul Ulama’ kota Depok. Lembaga ini merupakan kumpulan para huffaz (penghafal) Al-Qur’an Nahdhatul Ulama’ di kota Depok.


Pembelajaran Al-Qur’an sebagai salah satu program unggulan di SMP Islam Al-Hamidiyah menggunakan Metode Mutqin, karena metode ini memudahkan peserta didik dalam membaca dan menghafalkan al-Qur’an dengan menggunakan mushaf Madinah. Sesuai dengan namanya, yaitu “Mutqin” yang berarti expert, maka peserta didik SMP Islam Al-Hamidiyah diharapkan mampu menjadi pakar/ahli di bidang Al-Qur’an. Ahlul Qur’an hum Ahlullah wa khaassatuhu (ahli Al-Qur’an adalah keluarga Allah SWT dan hamba pilihannya) di dunia. Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.

Selamat kepada para wisudawan-wisudawati Al-Qur’an SMP Islam Al-Hamidiyah Tahun Ajaran 2022-2023. Jadikanlah Al-Qur’an sebagai prioritas tujuanmu, pedoman hidupmu, dan hujjahmu dalam rido Allah Swt. Orange, Together. 


Penulis: Sulistyowati - Guru Agama

Editor: Humas YIA

Archive