Sekolah Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Bangun Generasi Qur'ani Sejak Dini, TPQ Al-Hamidiyah Adakan Pesantren Ramadhan

Minggu, 24 April 2022 Oleh Kajis 1125 kali

DEPOK - Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Al-Hamidiyah mengadakan Pesantren Ramadhan untuk anak-anak secara gratis dengan tema 'Membangun Generasi Qur'ani Sejak Dini'. Acara yang berlangsung selama empat hari setiap pukul 09.00-12.00 WIB ini bertempat di Gedung TPQ Al-Hamidiyah (23-26/04/22).

Kegiatan Pesantren Ramadhan tersebut dibuka oleh  Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah, Prof. Dr. K.H. Oman Fathurahman, M.Hum 

"Syiar Ramadhan dengan menghadirkan Pesantren Ramadhan merupakan hal yang luar biasa  bagi anak seusia ini untuk memperkenalkan hingga merasakan walau hanya hitungan hari. Pada dasarnya, kegiatan ini akan memberikan pengaruh positif bagi anak untuk lebih tahu lagi dengan istilah Pesantren," ucap Guru Besar Filologi Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta.

Pada kesempatan yang sama, Kiai Oman mengajak para santri agar senang gembira mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan ini. Beliau juga memberikan pengetahuan terkait makhorijul huruf kepada para peserta.

"Jika sejak dini anak-anak kita sudah terbiasa dengan melafalkan makharijul huruf secara benar maka ke depannya akan mudah sekali menguasai bacaan Al-Qur'an dengan tartil," Pungkas pengampu Ngaji Manuskrip Kuno Nusantara atau Ngariksa itu.

Kiai Oman meminta mereka maju untuk mempraktikkan bacaan Al-Qur'an terutama pelafalan makhorijul huruf. Anak-anak tampak antusias sekali mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan ini.

Kepala TPQ Al-Hamidiyah, Ust. Fahmi A. Purnoto menyampaikan bahwa Pesantren Ramadhan ini untuk memfasilitasi dan memperkenalkan para murid yang ada di TPQ pada dunia Pesantren secara lebih jauh.



"Pesantren Ramadhan ini memfasilitasi para peserta untuk mengenalkan lebih jauh dunia pesantren, membangun akhlak, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan beribadah.

Di usia mereka jika sudah mengenal istilah Pesantren dengan baik maka kemungkinan besar mereka akan suka dan mau belajar nanti di Pesantren, hal ini akan membentuk generasi Qur'ani sejak dini," ungkap lulusan Pondok Modern Gontor Ponorogo itu.

Patut diketahui bahwa Pesantren Ramadhan ini banyak memberikan materi seputar Tilawah, Tahfidz, Tajwid Praktek Ibadah, Islamic Storytelling, hadist, dan Fun Games kepada peserta didik yang bergabung. Panitia membatasi kuota peserta hanya sampai 60 orang, seluruhnya akan mendapatkan sertifikat dan suvenir. Tidak ada biaya yang dikenakan, semua cuma-cuma dengan berharap keberkahan dari Allah Swt. di bulan Ramadhan ini.


Pewarta: Abdul Mun'im Hasan

Juru foto: Guntur