Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Buku
Home / Buku

Pedoman Memahami Nilai-Nilai Ke-ALHAMIDIYAH-an, Inspirasi Ilmu K.H. Achmad Sjaichu

Rabu, 20 September 2023 Oleh Kajis 346 kali

Penulis: Prof. Dr. K.H. Oman Fathurahman, M.Hum., Fathurrochman Karyadi, Suma Wijaya, Ahmad Ridwan, Fahmi A. Purnoto, M. Abdul Fatah, M. Yunus Priyadi

Pembaca Ahli: Abdul Kholis, Ali Zawawi

Penata Letak: Abdul Muis Sobri

Penerbit: Yayasan Islam Al Hamidiyah Sjaichu

ISBN: 978-623-09-4864-0 
Cetakan Pertama: Agustus 2023

Sinopsis:
Buku Ke-ALHAMIDIYAH-an ini bisa disebut sebagai muatan lokal (mulok) untuk dipelajari dan dijadikan sebagai bagian dari kurikulum di seluruh unit pendidikan yang ada di lingkungan Yayasan Islam Al-Hamidiyah, baik untuk santri/siswa-siswi, maupun tenaga pendidik dan tenaga kependidikannya. Kita berharap, melalui buku Ke-ALHAMIDIYAH-an ini, nilai-nilai mulia masa lalu tetap terjaga, dan kemudian dipadukan dengan nilai-nilai kekinian sesuai kebutuhan zaman.

Lebih dari itu, nilai-nilai Ke-ALHAMIDIYAH-an ini sesungguhnya juga dapat menjadi bekal dan landasan bagi seluruh karyawan di lingkungan Yayasan Islam Al-Hamidiyah untuk membangun ruh budaya kerja yang berintegritas, profesional, inovatif, bertanggung jawab, dan mengedepankan keteladanan, karena sesungguhnya karakter seperti itulah yang tampak dalam pribadi luhur al-maghfurlah, K.H. Achmad Sjaichu.

Banyak keteladanan yang dapat diambil dari kisah perjalanan hidup al-maghfurlah sejak masih belia. Di antaranya adalah: keteladanan saat masih menjadi santri di Pesantren Al-Hidayat, Lasem, Rembang, Jawa Tengah; keteladanan saat memulai membuka usaha sepatu; keteladanan saat meniti karier di organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama; keteladanan saat menjadi politisi sekaligus negarawan di kursi DPRD hingga pucuk pimpinan di DPR-GR; serta keteladanan saat merintis dan memimpin Pesantren Al-Hamidiyah Depok.