Sekolah Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Momen Bulan Bahasa STAI Al-Hamidiyah 2023: Berkarya, Bertransformasi

Selasa, 14 November 2023 Oleh Irma Rahmawati 262 kali

Momen Bulan Bahasa 2023, STAI Al-Hamidiyah Jakarta: Berkarya, Bertranformasi

(Depok, 25/10) STAI Al-Hamidiyah Jakarta memeriahkan keseruan Bulan Bahasa Tahun 2023 dengan menyelenggarakan lomba-lomba yang diikuti oleh para mahasiswa, baik mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) maupun mahasiswa Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). Perlombaan terdiri dari 3 cabang lomba yaitu Lomba Dakwah, Lomba Storytelling, dan Lomba Poster Digital. 

Dengan mengusung Tema Besar “Transformasi Pendidikan di Era Digital”, Bulan Bahasa ini bertujuan untuk mengeksplorasi kreativitas mahasiswa dengan menciptakan karya seperti media untuk bercerita (storytelling) dan membuat poster digital. Selain itu, untuk menebarkan syiar bahwa di Era Digital, para pendidik menjadi agent of change yang membawa perubahan-perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik, salah satunya dengan dakwah. 

Pada lomba dakwah, peserta lomba membawa topik khusus “Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital”. Para peserta memberikan kesadaran betapa pentingnya bertransformasi untuk menghadapi tantangan zaman serta memberikan ide-ide inovatif di dalam dunia pendidikan Islam.

Di sisi lain, mahasiswa peserta lomba poster digital memperlihatkan kemampuan desain grafis. Seperti yang kita ketahui bahwa kemampuan desain grafis merupakan salah satu skill yang harus dimililiki pendidik di abad 21 ini. Sehingga, lomba ini selain untuk berkompetisi juga melatih mahasiswa untuk menyampaikan pesan-pesan melalui simbol-simbol visual yang dituangkan dalam sebuah gambar.


Lomba storytelling pun tak kalah menarik, para peserta menampilkan dongeng dengan berbagai media. Misalnya dengan boneka jari, buku bacaan, big book, karikatur, dan boneka peraga. Kreativitas dalam penggunaan media inilah yang menjadikan lomba storytelling lebih memukau.


Ibu Eva Siti Faridah, S.Si.,M.Pd, selaku Wakil Ketua Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni menyampaikan bahwasanya Lomba Bulan Bahasa ini adalah wujud nyata dari semangat sivitas akademika STAI Al-Hamidiyah Jakarta dalam mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran di Abad 21. Tiidak hanya berkompetisi secara sehat namun juga membangun kesadaran mahasiswa bahwa di era digital ini, dibutuhkan kreativitas sebagai tenaga pendidik agar generasi mendatang menjadi generasi yang unggul.  

Selain itu, terdapat juga acara Bedah Buku berjudul “Desain Kurikulum dan Pembelajaran Abad 21” karya Prof. Dr. Fauzan M.A ini ditinjau bersama Dr. Farida Wulandari, M.Pd selaku Direktur Pendidikan Yayasan Islam Al-Hamidiyah. 

Pada akhir acara, pengumuman pemenang lomba disampaikan pada (25/10) di Aula Kampus STAI Al-Hamidiyah Jakarta. Berikut pemenang lomba-lomba pada Bulan Bahasa, diantaranya:

Lomba Dakwah:

Juara 1 oleh George Khatami Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Semester 1.

Juara 2 oleh Abdul Latif Mahasiswa PAI Semester 7,

 Juara 3 oleh Al Khawarizmi Sitompul Prodi PAI Semster 3.

Juara Harapan 1 oleh Muhammad Latif Prodi PAI Semester 3,

Juara Harapan 2 oleh Nurdin Firdaus Prodi PAI Semester 5,

Juara Harapan 3 oleh Susanti Prodi PAI Semester 1. 

Lomba Story Telling:

Juara 1 oleh Masitoh Sitompul PAI Semester 5,

Juara 2 oleh Himmah Mujahidah Nasution PAI Semester 5,

Juara 3 olehAl Khawarizmi Sitompul PAI Semster 3,

Juara Harapan 1  oleh Najwa Qonita Prodi PIAUD Semester 5,

Juara Harapan 2 oleh Syifa Nurjannah Prodi PIAUD Semester 5,

Juara Harapan 3 oleh Hafisatun Nhadifah Prodi PAI Semester 7. 

Lomba Poster Digital: 

Juara 1 oleh Rifa A Intishar Prodi PAI Semester 3,

Juara 2 oleh Zain Azizah Zarra Prodi PAI Semester 1,

Juara 3 oleh Achmad Fajar Gemilang Prodi PAI Semerter 1,

Juara Harapan 1 oleh Putri Aprliani Prodi PAI Semester 5,

Juara Harapan 2 oleh Erica Andriyanti Prodi PAI Semester 3,

Juara Harapan 3 oleh Muqita Zahira Prodi PAI Semester 1. 


Selamat kepada para pemenang. Semangat berkarya,  bertansformasi, dan semoga menjadi Generasi Unggul berkarakter islami yang dibanggakan Negeri. 




Penulis : Aam

Penyunting: Hana