Sekolah Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Tingkatkan Kualitas Riset, STAI Al-Hamidiyah Adakan Workshop tentang Open Journal System (OJS)

Minggu, 10 Desember 2023 Oleh Kajis 305 kali

DEPOK – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Hamidiyah Jakarta menyelenggarakan workshop “Mastering OJS A Workshop on Enhancing Scientific Journals and Editorial Practices”. Acara ini diselenggarakan di kampus STAI Al-Hamidiyah Jakarta sebagai bagian peningkatan kapasitas internal dosen dalam pengembangan keilmuan melalui penelitian dan publikasi  dosen dalam dunia pendidikan tinggi (Jumat, 1/12/2023).

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ibu Marti Alifa S.Psi, Wakil Direktur Pendidikan Yayasan Islam Al-Hamidiyah. Prof. Dr. Fauzan, M.A., memberikan sambutan bahwa terdapat tiga hal yang penting dalam pengelolaan Open Journal System (OJS).


“Pertama yaitu peran yang krusial dalam meningkatkan kualitas penelitian melalui fasilitas proses peer review yang baik; kedua, transparansi akses terbuka; dan ketiga, penggunaan teknologi dapat meningkatkan efisiensi serta memastikan penelitian yang diterbitkan mencapai standar kualitas tinggi,” ungkapnya.

Prof Fauzan juga menegaskan dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian, institusi perlu memastikan bahwa penggunaan OJS dioptimalkan. Pelatihan bagi dosen dan pengelola jurnal serta dukungan teknis yang memadai akan memperkuat peran OJS dalam ekosistem akademik.

Sementara itu, Dr. Azkia Muharom Albantani, M.Pd.I sebagai narasumber membahas lebih dalam mengenai pentingnya Publikasi artikel penelitian di jurnal Ilmiah, baik di tingkat nasional maupun internasional, merupakan bagian integral dari profesi dan mahasiswa. OJS atau open Journal System, memainkan peran penting dalam memfasilitasi proses OJS.