Eksplorasi Mendalam: Implementasi Adaptasi Metode Montessori dalam Pembelajaran

Senin, 18 Maret 2024 Oleh Hana Qonita | 1,462 views

Img

Depok – Pada hari Sabtu, 17 Februari 2024 seluruh guru SDIT Al-Hamidiyah mengikuti Pelatihan Montessori sesi dua dari pukul 07.30 s.d. 15.00 WIB. Pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan sebelumnya(baca:https://www.al-hamidiyah.sch.id/sdit/read/news/2024/01/Self-Development-Guru-SDIT-Alhamidiyah-Melalui-Pelatihan-Montessori.html). Pelatihan kali ini membahas tentang Montessori Scope and Sequence, Planning, and Prepared Environmet serta praktik penggunaan aparatus Montessori yang masih dipandu oleh Irda Tri Ellisa Putri, S.Pd., Mont. Dip. (Mrs.Irda).


Anis Anisya, S.Pd. selaku kepala SDIT Al-Hamidiyah memberikan pesan kepada semua guru untuk fokus dan aktif saat pelatihan. Beliau berharap para guru mau bertanya langsung kepada Mrs. Irda tentang hal yang belum dipahami.




Mrs. Irda menjelaskan perencanaan pembelajaran dan tahapan perencanaan pembelajaran sesuai Montessori Scope and Sequence. Dalam perencanaan pembelajaran hal yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut.

  1. Merencanakan capaian pembelajaran.

  2. Mengimplementasikan strategi mengajar belajar.

  3. Mengakomodir ketertarikan anak, kecepatan belajar, dan kemampuan anak.

  4. Membangun keahlian dan ilmu pengetahuan.  

Adapun tahapan pembelajaran menggunakan metode Montessori hampir sama dengan tahapan pembelajaran pada kurikulum nasional. Mulai dari merencanakan pembelajaran tahunan, semester, mingguan, record keeping, observation and reflection, dan jurnal harian murid. Selain pembahasan di atas, beliau juga mengingatkan jika pembelajaran dengan metode Montessori menekankan pentingnya lingkungan belajar yang tepat untuk anak supaya tercipta kemandirian anak, membangun tanggung jawab, dan mengakomodir kemampuan anak. 




Setelah menjelaskan, Mrs. Irda meminta para guru untuk menyusun perencanaan pembelajaran sesuai Montessori Scope and Sequnce. Guru kelas bawah berdiskusi dalam satu kelompok. Pun sama halnya dengan guru kelas atas. Mrs. Irda mendampingi sesi diskusi tersebut secara bergantian. Para guru aktif bertanya selama proses pendampingan khususnya beberapa guru kelas atas yang masih belum memahami penerapan adaptasi Montessori di kelas atas.


Di siang hari, para guru diajak untuk praktik penggunaan aparatus Montessori. Sebelum praktik, Mrs. Irda memberitahukan cara menyusun alat peraga di rak yaitu left to right, concrete to abstract, dan simple to complex. Setelah itu, para guru diajak praktik menggunakan aparatus Montessori untuk pelajaran Matematika dengan materi Introduction to Desimal System dengan 3 jenis tahapan presentasi. Presentasi pertama adalah mengidentifikasi dan menamai kuantitas 1, 10, 100, dan 1000. Presentasi kedua memahami cara menukar golden beads sesuai kuantitas (exchanging game). Presentasi ketiga yaitu mengaitkan kuantitas dan angka. Semua praktik ini menggunakan media golden beads. Selain praktik materi tersebut, Mrs. Irda mengajarkan tahapan penggunaan aparatus Montessori untuk pecahan menggunakan media fraction circle. Tahapan presentasi dalam menggunakan aparatus Montessori selalu memperhatikan Three Period Lesson, yaitu introduction, recognition, recall. Semua praktik ini dilakukan dengan metode role play supaya para guru terlibat langsung.




Bu Ari, guru kelas 6, menyampaikan pendapatnya mengenai pelatihan ini. “Pelatihan sesi dua menyenangkan karena guru praktik langsung merencanakan pembelajaran dan menggunakan aparatus Montessori. Guru jadi lebih mengetahui cara mengeimplementasikan alat tersebut, serta bagaimana mengadaptasi metode Montessori dan kurikulum nasional dalam pembelajaran” jelasnya.  Setelah praktik langsung metode Montessori, semoga para guru dapat mengimplementasikan adaptasi metode Montessori dengan kurikulum nasional di kelas. Hal ini akan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan murid dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis. 




Penulis : Fitri Rahma Sari, S.Pd.
Penyunting : Tim Humas YIA




Postingan Terpopuler

#1
Level 2 SDIT Belajar Berbagai Profesi

Rabu, 29 April 2020 Oleh Administrator CMS | 3,085 views

#2
Meriahnya Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad saw. di SDIT Al-Hamidiyah

Rabu, 11 Oktober 2023 Oleh Hana Qonita | 2,884 views

#3
Pelatihan Persiapan Masa Pubertas

Selasa, 18 Mei 2021 Oleh Administrator CMS | 2,683 views

#4
Khataman Anak Didik SDIT Al-Hamidiyah

Sabtu, 23 Mei 2020 Oleh Administrator CMS | 2,432 views

#5
Mari Berbagi Kebaikan dan Kebahagiaan pada Anak Yatim

Senin, 30 September 2019 Oleh Administrator CMS | 2,371 views

Archive

1
Ramadan Penuh Cinta: SDIT Al-Hamidiyah Ajarkan Arti Kepedulian Sejak Dini

Jumat, 21 Maret 2025 Oleh Irma Rahmawati | 338 views

2
Semalam Ramadan di Sekolah: Merajut Kebersamaan Meraih Kebahagiaan

Jumat, 21 Maret 2025 Oleh Irma Rahmawati | 329 views

3
Isra Mikraj dan Tarhib Ramadan 1446 H: Momen Meningkatkan Iman dan Ilmu

Kamis, 06 Maret 2025 Oleh Hana Qonita | 710 views

4
From "Hello" to "Bon Appétit": Our English & Culinary Adventure at Mulligan

Rabu, 05 Maret 2025 Oleh Hana Qonita | 717 views

1
Eksplorasi Pembelajaran Menarik di Exhibition Corner SDIT Al-Hamidiyah

Jumat, 29 November 2024 Oleh Hana Qonita | 911 views

2
Pentas Seni Murid SDIT Al-Hamidiyah: Kreativitas Tanpa Batas di Era Digital

Jumat, 22 November 2024 Oleh Hana Qonita | 910 views

3
Entrepreneur Days: Melatih dan Mengembangkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini

Selasa, 19 November 2024 Oleh Hana Qonita | 943 views

4
ANBK 2024: Upaya Perbaikan Mutu Pendidikan SDIT Al-Hamidiyah Secara Berkelanjutan

Jumat, 15 November 2024 Oleh Hana Qonita | 993 views

1
Perayaan Kebanggaan: Kemeriahan Graduation Angkatan XVI SDIT Al-Hamidiyah

Jumat, 12 Juli 2024 Oleh Hana Qonita | 1,030 views

1
Rangkaian Kegiatan Haul K.H. Achmad Sjaichu Ke-29: Wujud Khidmat kepada Guru

Rabu, 28 Februari 2024 Oleh Hana Qonita | 1,061 views

2
Rangkaian Kegiatan Haul K.H. Achmad Sjaichu Ke-29: Wujud Khidmat kepada Guru

Rabu, 28 Februari 2024 Oleh Hana Qonita | 86 views

3
Seru dan Edukatif: Pengalaman Menyenangkan Murid kelas 3 di Godongijo

Jumat, 23 Februari 2024 Oleh Hana Qonita | 1,191 views

5
Diseminasi Pelatihan Literasi dan Numerasi; Warna Baru bagi Guru SDIT Al-Hamidiyah

Jumat, 16 Februari 2024 Oleh Hana Qonita | 1,498 views

1
enrollment

Selasa, 30 Januari 2024 Oleh Administrator CMS | 1,170 views

2
Self-Development Guru SDIT Al-Hamidiyah Melalui Pelatihan Montessori

Kamis, 04 Januari 2024 Oleh Hana Qonita | 1,411 views

1
SDIT AL-HAMIDIYAH BERLITERASI

Selasa, 31 Oktober 2023 Oleh Irma Rahmawati | 1,129 views

2
Inovasi di Era Digital, SDIT Al-Hamidiyah Menggunakan Sistem Computer Based Test (CBT)

Rabu, 25 Oktober 2023 Oleh Irma Rahmawati | 1,931 views

3
Meriahnya Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad saw. di SDIT Al-Hamidiyah

Rabu, 11 Oktober 2023 Oleh Hana Qonita | 2,884 views

1
Asyiknya Bereksperimen Sains Bersama Erlangga dan Einstein Science Project!

Senin, 21 Agustus 2023 Oleh Irma Rahmawati | 1,453 views

1
Momen Haru dan Membanggakan Graduation SDIT Al-Hamidiyah

Senin, 26 Juni 2023 Oleh Irma Rahmawati | 1,549 views

2
Semarak Kegiatan Gelar Karya P5 SDIT Al-Hamidiyah

Selasa, 13 Juni 2023 Oleh Irma Rahmawati | 1,457 views

1
SDIT Al-Hamidiyah Menggelar Kegiatan Peduli Sesama Selama Bulan Ramadan 1444 H

Senin, 17 April 2023 Oleh Irma Rahmawati | 1,634 views

1
Peringatan HUT RI Ke-75 secara Daring

Minggu, 14 November 2021 Oleh SDIT | 1,853 views

2
Workshop Mendongeng Mudah Bersama Kak Yadi

Minggu, 14 November 2021 Oleh Administrator CMS | 2,102 views

1
Pelatihan Persiapan Masa Pubertas

Selasa, 18 Mei 2021 Oleh Administrator CMS | 2,683 views

1
Doctors Go to School

Jumat, 07 Agustus 2020 Oleh SDIT | 1,362 views

1
Khataman Anak Didik SDIT Al-Hamidiyah

Sabtu, 23 Mei 2020 Oleh Administrator CMS | 2,432 views

1
Level 2 SDIT Belajar Berbagai Profesi

Rabu, 29 April 2020 Oleh Administrator CMS | 3,085 views

1
Mari Berbagi Kebaikan dan Kebahagiaan pada Anak Yatim

Senin, 30 September 2019 Oleh Administrator CMS | 2,371 views

Hubungi Kami untuk Informasi Pendaftaran dan Harga

Img