KB-TK Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Proyek Basketball Game: Alternatif Menarik Tanpa Gadget

Rabu, 19 Maret 2025 Oleh Hana Qonita 87 kali

KB-TK Al-Hamidiyah kembali menyelenggarakan kegiatan STEAMMI (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics, Montessori, and Islamic) yang dilakukan setiap bulannya dengan tema yang menarik dan edukatif. Kali ini, anak-anak TK A diajak untuk membuat proyek permainan sederhana dari bahan-bahan sederhana, yaitu Basketball Game. Kegiatan ini dirancang untuk menstimulasi kreativitas anak dengan mengintegrasikan elemen sains, teknologi, teknik, seni, matematika, dan montessori dalam aktivitas yang menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak. Selain itu, nilai-nilai Islam diintegrasikan dalam kegiatan ini, seperti melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai penguatan spiritual dan motivasi selama proses pembelajaran. 

Proyek Basketball Game: Alternatif Menarik Tanpa Gadget

Dalam era digital yang serba canggih, anak-anak seringkali bergantung pada gadget untuk bermain. Melalui proyek Basketball Game ini, anak-anak diajak untuk menciptakan permainan mereka sendiri dari bahan-bahan sederhana atau daur ulang. Kegiatan ini tidak hanya mengurangi ketergantungan pada gadget, tetapi juga melatih keterampilan motorik halus, kreativitas, dan kemampuan problem-solving anak.

Proyek Basketball Game dilakukan melalui beberapa tahapan yang dirancang untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan kreativitas anak. Berikut adalah tahapan yang dilalui oleh anak-anak:

1. Ask

Anak-anak diajak untuk mengamati cara membuat Basketball Game dan memilah bahan-bahan yang akan digunakan. Mereka belajar mengenali berbagai material seperti kardus bekas, tutup botol plastik, stik es krim, dan karet yang dapat dimanfaatkan untuk membuat proyek ini. Pada tahap ini anak-anak juga diajak untuk bertanya dan mengeksplorasi ide-ide kreatif.


2. Image and Plan

Setelah mengamati, anak-anak menyusun rancangan Basketball Game mereka. Mereka membuat sketsa bentuk dan ukuran yang diinginkan, serta merencanakan langkah-langkah pembuatan. Tahap ini melatih kemampuan perencanaan dan imajinasi anak.


3. Create

Pada tahap ini, anak-anak mulai berkreasi membuat Basketball Game sesuai dengan rancangan yang telah disusun. Mereka menggunakan bahan-bahan sederhana seperti kardus, botol plastik, dan lainnya. Proses ini melibatkan keterampilan motorik halus dan kerjasama antar teman.


4. Improve

Setelah selesai membuat, anak-anak melakukan uji coba permainan. Jika ada bagian yang tidak berfungsi dengan baik, mereka melakukan perbaikan. Selain itu anak-anak juga mendekorasi Basketball Game mereka agar terlihat lebih menarik. Tahap ini mengajarkan anak untuk tidak mudah menyerah dan selalu berusaha meningkatkan hasil karya mereka.


5. Presentation

Tahap terakhir adalah presentasi. Anak-anak mempresentasikan alat yang telah mereka buat di depan teman-teman dan guru. Mereka menjelaskan bahan-bahan yang digunakan, proses pembuatan, serta cara bermainnya. Presentasi ini melatih kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi anak.


Melalui proyek Basketball game, anak-anak mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. Anak-anak mengembangkan kreativitasnya dengan belajar menciptakan sesuatu dari bahan-bahan sederhana, seperti proyek ini memberikan alternatif permainan yang menyenangkan tanpa menggunakan gadget. Anak-anak belajar bekerjasama dan berkomunikasi dengan teman-temannya dan melatih kemampuan problem solving anak dalam memecahkan masalah. Kegiatan ini menjadi pembelajaran kreatif dan integratif yang dapat menciptakan generasi yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia.