Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Berita
Home / Berita

Gaungkan Pesantren Hijau, Pesantren Al-Hamidiyah Mendapat Kunjungan Asesmen dari LAZIS PBNU

Senin, 17 Oktober 2022 Oleh Irma Rahmawati 901 kali

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Lembaga Amil Zakat, Infaq, Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), bersama Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI PBNU) bersama dukungan Bank Mega Syariah mencanangkan Program Pesantren Hijau. Dalam rangka assessment kebutuhan Program Pesantren Hijau tersebut, Pesantren Al-Hamidiyah Depok menjadi salah satu Pesantren yang dikunjungi pada 04 Oktober 2022.

Kunjungan ini turut dihadiri oleh Ending Syarifuddin selaku Manajer Pendistribusian NU Care-LAZISNU PBNU dan Ahmad Shofie Azzaki SHI dari Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU). Tim pesantren hijau ini disambut oleh Jajaran Direksi Yayasan Islam Al-Hamidiyah yaitu, Bapak Rahmat Fajar Trianto, ST selaku Direktur Sumber Daya Sarana dan IT, Bapak Mochamad Reza Fauzan Bobby, M.Ds selaku Kepala Divisi Sumber Daya Sarana dan Umum, dan Ibu Marti Alifa Fauzia, S,Psi selaku Wakil Direktur Pendidikan serta tim Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah yaitu, KH. Abdul Rasyid Marhaly, Lc selaku wakil kepala Pengasuh Pesantren Islam Al-Hamidiyah, Bapak Ustad Suma Wijaya, M.Ikom selaku Kepala Asrama Pesantren beserta tim hadroh dari santri Pesantren Al-Hamidiyah. 

Dalam kesempatan assessment ini, pihak Yayasan yang diwakili oleh Bapak Rahmat Fajar Trianto, S.T selaku Direktur Sumber Daya Sarana dan IT yaitu Bapak Rahmat Fajar Trianto, S.T memaparkan sejumlah langkah inisiatif dan inovasi yang telah dilakukan untuk mendukung Program Pesantren Hijau yaitu diantaranya, Optimalisasi puluhan sumur resapan di seluruh komplek pesantren, Penggunaan Lampu LED yang hemat energi dengan solar panel untuk penerangan outdoor, Penggunaan Pemanas Air untuk mandi santri dengan solar panel dibantu dengan Heatpump buatan sendiri, Penghijauan seluruh area pesantren dengan kebun anggur, termasuk memberikan pelatihan kepada para santri untuk berkebun anggur sebagai salah satu cara untuk pelestarian alam melalui tanaman buah, penanaman pohon kurma di sekitar area masjid, Penggunaan Air R.O. yang digunakan setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan minum para santri tanpa perlu dimasak lagi. Air R.O  ini diambil dari tanah langsung yang difilter dengan rangkaian mesin dan filter termasuk UV. Selain itu juga, Pesantren Al-Hamidiyah telah menerapkan Kebijakan Paperless hingga melakukan proses daur ulang, guna menunjang optimalisasi program pesantren hijau. Setelah itu, tim assessor juga diajak berkeliling ke seluruh area Pesantren Al-Hamidiyah untuk melihat sarana dan fasilitas yang ada.