Sekolah Al-Hamidiyah
Berita
Home / Berita

PBNU Canangkan Pesantren Hijau sebagai Agen Perubahan Iklim, Al-Hamidiyah Depok Salah Satu Partisipan

Rabu, 23 November 2022 Oleh Kajis 64 kali

JAKARTA - Pesantren Al-Hamidiyah Depok menjadi salah satu dari tujuh pesantren yang diundang dalam acara Training Nasional Penggerak Pesantren Hijau. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Lembaga Amil Zakat-Infaq-Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI PBNU) dan Bank Mega Syariah. Sebanyak 35 orang peserta mengikuti pelatihan ini di AONE Hotel Jakarta, (18-20/11/22).

Ketua LAZISNU Habib Ali Hasan Al Bahar menjelaskan tentang pentingnya umat Islam menjaga lingkungan, baik di darat maupun lautan. Beliau juga mengungkapkan tafsir dari Surat ar-Rahman tentang kata ala’ atau lu’lu’ yang berarti mutiara yang memancarkan.

"Jika dulu kiai pesantren mencetuskan Resolusi Jihad, maka kita saatnya merawat jagad dari pesantren. Kita terapkan fiqh bi’ah atau fikih lingkungan sesuai yang telah diajarkan para ulama. Dan kita beruntung berada di momen menjelang 1 Abad NU ini yang belum tentu ke depan kita temui lagi," tutur Sekretaris Prodi S-2 Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.