Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Berita
Home / Berita

Tahlil Malam Ketiga, K.H. Zainuddin Ma’shum Ali Sampaikan Pesan Almarhum Prof. Dr. K.H. Ali Yafie

Sabtu, 04 Maret 2023 Oleh Kajis 932 kali

DEPOK - Pesantren Al-Hamidiyah Depok kembali menyelenggarakan pembacaan Yasin dan tahlil pada malam ketiga wafatnya almarhum (Alm.) Prof. Dr. K.H. Ali Yafie, Mustasyar Yayasan Islam Al-Hamidiyah (YIA). Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual pada Selasa malam, (28/02/2023) pukul 20.00 WIB. Drs. K.H. Zainuddin Ma’shum Ali, Mustasyar YIA, hadir memberikan ceramah, testimoni, dan pesan dari Almarhum. 

 

Prof. Dr. K.H. Ali Yafie, Drs. K.H. Zainuddin Ma'shum Ali, dan Dr. (H.C.) Lukman Hakim Saifuddin adalah penasihat YIA yang ilmu dan pengalamannya selalu ditunggu-tunggu oleh keluarga besar dan civitas akademika YIA. Kewafatan Kiai Ali Yafie merupakan kesedihan tersendiri Al-Hamidiyah dan umat muslim Indonesia pada umumnya. 

 

"Kiai Ali Yafie wafat pada usia 96 tahun, maka sesuai dengan ‘Khoirunnas man thola 'umruhu wa hasuna 'amaluhu’ yaitu sebaik-baik manusia di dunia ini adalah orang yang umurnya panjang dan amalnya baik, husnul khatimah," tutur Kiai Zainuddin.

 

Kiai Zainuddin juga menegaskan bahwa ada beberapa wasiat atau pesan yang secara terus-menerus disampaikan oleh Alm. Kiai Ali Yafie ketika masih hidup. Pesan tersebut merupakan  pelajaran yang hendaknya bisa diamalkan. Wasiat itu berisi hadist yang menjelaskan tentang orang alim, ilmu, dan amal tempatnya berada di Surga. 

 

"Jika orang alim tidak mengamalkan ilmu, maka yang di Surga itu hanya ilmu dan amal, sedangkan orang alimnya berada di Neraka," ungkap Kiai Zainuddin.



 

Beliau menambahkan, bahkan terakhir satu tahun lalu ketika rombongan dari Al-Hamidiyah menjenguk Alm. Kiai Ali Yafie saat sakit, pesan tersebut disampaikan kembali. 

 

“Ada fatwa Kiai Ali Yafie yang sering disampaikan, yaitu sebuah hadits yang isi penjelasannya adalah (1) Adil itu baik, tapi jika pemimpin adil itu sangat baik; (2) Dermawan itu baik, tapi orang kaya dermawan itu paling baik; (3) Wira'i (menjaga diri dari berbuat dosa), orang biasa tapi wara' itu hal biasa, namun ulama yang wara' itu luar biasa; (4) Sabar itu baik, tapi orang faqir dan sabar itu hebat, (5) Taubat dari dosa, setiap orang bertaubat itu baik, tapi orang muda yang bertaubat itu hebat,” ungkap Kiai Zainuddin. 

 

Kiai Zainuddin mengingatkan bahwa hal-hal tersebut merupakan sesuatu yang dipuji Allah SWT, dan menjadi kegemaran Alm. Kiai Ali Yafie saat masih hidup. 

 

“Semoga kita bisa meniru apa yang jadi kegemaran beliau," pungkas Kiai Zainuddin.

 

Pembacaan Yasin dan tahlil ini dihadiri oleh keluarga besar YIA dan Alumni Pesantren Al-Hamidiyah. Pembacaan Yasin dan tahlil oleh Wakil Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah, K.H. Abdul Rasyid Marhaly, Lc. Di akhir acara, Ustadz Suma Wijaya, M.I.Kom menyampaikan bahwa pada malam ke-7, Sabtu 4 Maret 2023, insyaallah tahlil akan kembali diadakan.

 

 

Pewarta: Verbena