Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Berita
Home / Berita

Tahlil Malam Ketiga, K.H. Zainuddin Ma’shum Ali Sampaikan Pesan Almarhum Prof. Dr. K.H. Ali Yafie

Sabtu, 04 Maret 2023 Oleh Kajis 812 kali

DEPOK - Pesantren Al-Hamidiyah Depok kembali menyelenggarakan pembacaan Yasin dan tahlil pada malam ketiga wafatnya almarhum (Alm.) Prof. Dr. K.H. Ali Yafie, Mustasyar Yayasan Islam Al-Hamidiyah (YIA). Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual pada Selasa malam, (28/02/2023) pukul 20.00 WIB. Drs. K.H. Zainuddin Ma’shum Ali, Mustasyar YIA, hadir memberikan ceramah, testimoni, dan pesan dari Almarhum. 

 

Prof. Dr. K.H. Ali Yafie, Drs. K.H. Zainuddin Ma'shum Ali, dan Dr. (H.C.) Lukman Hakim Saifuddin adalah penasihat YIA yang ilmu dan pengalamannya selalu ditunggu-tunggu oleh keluarga besar dan civitas akademika YIA. Kewafatan Kiai Ali Yafie merupakan kesedihan tersendiri Al-Hamidiyah dan umat muslim Indonesia pada umumnya. 

 

"Kiai Ali Yafie wafat pada usia 96 tahun, maka sesuai dengan ‘Khoirunnas man thola 'umruhu wa hasuna 'amaluhu’ yaitu sebaik-baik manusia di dunia ini adalah orang yang umurnya panjang dan amalnya baik, husnul khatimah," tutur Kiai Zainuddin.

 

Kiai Zainuddin juga menegaskan bahwa ada beberapa wasiat atau pesan yang secara terus-menerus disampaikan oleh Alm. Kiai Ali Yafie ketika masih hidup. Pesan tersebut merupakan  pelajaran yang hendaknya bisa diamalkan. Wasiat itu berisi hadist yang menjelaskan tentang orang alim, ilmu, dan amal tempatnya berada di Surga. 

 

"Jika orang alim tidak mengamalkan ilmu, maka yang di Surga itu hanya ilmu dan amal, sedangkan orang alimnya berada di Neraka," ungkap Kiai Zainuddin.