Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Berita
Home / Berita

Khataman Bidayatul Hidayah: Al-Hamidiyah Menyemai Kebaikan melalui Ngasuh

Minggu, 01 Oktober 2023 Oleh Kajis 353 kali

DEPOK - Pesantren Al-Hamidiyah Depok di bawah bimbingan Pengasuhnya, Prof. Dr. K.H. Oman Fathurahman, M.Hum., menggelar momen istimewa dengan mengkhatamkan Kitab Bidayah al-Hidayah dan Maraqil Ubudiyah. Kedua kitab ini dibacakan setiap hari Kamis siang dalam program Ngasuh atau Ngaji Bersama Pengasuh selama 54 pertemuan. Acara khataman berlangsung di Masjid Al-Hamidiyah dihadiri civitas akademika Yayasan Islam Al-Hamidiyah, (Kamis, 14/09/2023).

Dalam sambutannya, Kiai Oman menyampaikan pentingnya khataman Kitab Bidayatul Hidayah sebagai sumber keberkahan untuk seluruh komunitas Pesantren Al-Hamidiyah. Ia berharap bahwa para santri yang baru memulai perjalanan belajar ilmu Tasawuf dapat menerapkan ajaran yang mereka peroleh dalam kehidupan sehari-hari mereka.

"Jika merasa perlu memperbaiki diri setelah membaca kitab ini, maka kita adalah hamba yang sedang mendapatkan pencerahan dari Allah Ta'ala, karena kita memiliki iman kepada-Nya," ungkap Kiai Oman.

Guru Besar Filologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta ini  juga mengingatkan tentang konsep nafsu dalam tasawuf, seperti Nafsu Ammarah (kepada hal-hal yang tidak baik), Lawwamah (diingatkan), dan Mutmainnah (kebaikan). Kitab Bidayah mencakup tiga bagian penting: etika taat kepada Allah SWT, meninggalkan kemaksiatan, dan etika bergaul dengan makhluk lainnya.