Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Berita
Home / Berita

Peresmian AHA Green House: Langkah Menuju Sekolah Hijau

Senin, 13 November 2023 Oleh Irma Rahmawati 416 kali

Sebagai upaya menciptakan sekolah hijau, Al-Hamidiyah meresmikan AHA Green House pada Kamis, 2 November 2023. AHA Green House ini, diresmikan oleh bapak Ir. H. Moch. Sutjahyo selaku Badan Pembina Pengawas YIA, serta dihadiri oleh bapak Asep Edwin Zulhaidir, M.Pd dan ibu Dinny Farwita selaku bendahara program Pesantren Hijau Lazis PBNU dan Jajaran Manajemen YIA.

Program Al-Hamidiyah Green House ini pada dasarnya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup serta memiliki tujuan meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab lingkungan pada kalangan siswa serta memberikan kontribusi nyata dalam menjaga bumi kita. Tujuan Program Al-Hamidiyah Green House di antaranya:

1. Pendidikan lingkungan yang aktif

2. Pembelajaran interdisipliner

3. Pengembangan keterampilan praktis

4. Pemberian pemahaman lingkungan yang berkelanjutan

5. Peningkatan kualitas pendidikan

6. Pemberdayaan komunitas sekolah


Seluruh jenjang pendidikan Yayasan Al Hamidiyah ikut terlibat dalam mendukung program pelestarian lingkungan ini. Adapun rangkaian kegiatan peresmian AHA Green House mencakup presentasi proyek dan hasil produk dari siswa-siswi seluruh tingkat sekolah, mulai dari TK dengan program "3R (Reduce, Reuse, Recycle)", SDIT mempresentasikan proyek "Tanam Pakcoy dengan Sistem Hidroponik Wick", SMPI dengan proyek "Lilin Aromaterapi dari Minyak Jelanta", MTS dengan presentasi "Madrasah Riset" yaitu pengolahan sampah dapur dan sampah botol plastik dan MA dengan proyek "Smart Farming Berbasis IoT."


Acara tersebut juga akan diikuti dengan peninjauan proyek Pesantren/Sekolah Hijau dan Madrasah Riset. Dengan semangat yang tinggi dan komitmen kuat, Al-Hamidiyah berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga lingkungan dan mendidik generasi masa depan yang peduli terhadap alam.

Dengan adanya program AHA Green House ini, Yayasan Al Hamidiyah telah berpartisipasi dalam pengurangan limbah sampah dan berkomitmen dalam memberikan pendidikan lingkungan yang aktif serta mendorong siswa untuk turut serta dalam pelestarian alam. Bersama-sama, kita bisa menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.