Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Berita
Home / Berita

Gelar Rapat Koordinasi Nasional, LPBI NU Jadikan Al-Hamidiyah sebagai Tuan Rumah

Minggu, 04 Juni 2023 Oleh Kajis 922 kali

DEPOK – Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama (NU) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bertempat di Pesantren Al-Hamidiyah Depok. Rakornas yang dirangkai dengan Seminar Nasional tentang “Paradigma Baru Bencana dan Perubahan Iklim sebagai Penggerak Ekologi Spiritual” itu berlangsung pada Jumat-Ahad, 2-4 Juni 2023.


Marti Alifa F, S.Psi, Wakil Direktur Pendidikan Yayasan Islam Al-Hamidiyah (YIA), mengungkapkan rasa syukur dan menyambut baik kerjasama LPBI NU dengan Pesantren Al-Hamidiyah tersebut.

“Pesantren Al-Hamidiyah dengan segenap civitasnya, para pendidik, kiai, dan santri akan berusaha menjalankan program Pesantren Hijau, terlebih lagi sejumlah santri dikukuhkan sebagai Penggerak Peduli Lingkungan,” ungkap putri dari Almarhum dr. H. Fahmi D. Saifuddin ini.


Kepala Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah Depok, Prof. Dr. K.H. Oman Fathurahman, M.Hum mengucapkan terima kasih kepada PBNU atas kepercayaannya menjadikan Al-Hamidiyah sebagai tuan rumah Rakornas LPBI NU.


“Ini sangat penting, pesantren terlibat dalam kegiatan penanggulangan bencana, karena pesantren bagian dari ekosistem NU yang sangat strategis untuk menyemai gagasan yang disampaikan ketua umum PBNU sebagai ekologis spiritual, yakni merawat bumi, menjaga semesta, dan hidup secara sehat yang juga merupakan amanat agama, rahmatan lil 'alamin,” tuturnya.

Kiai Oman juga berharap acara ini bisa bermanfaat membuka cakrawala santri tentang mitigasi bencana, pesantren hijau, membuang sampah pada tempatnya, ketertiban, dan empati karena hal ini akan menjadi modal yang baik bagi mereka ke depan sebagai kader bangsa.