Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Berita
Home / Berita

Agrowisata Kebun Anggur Al-Hamidiyah : Menuju Sekolah Asri & Modern

Senin, 06 Mei 2024 Oleh Irma Rahmawati 243 kali

Kamis, 2 Mei 2024. Para santriwan dan santriwati Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Al-Hamidiyah diajak mengunjungi destinasi edukatif menarik, yaitu Agrowisata Kebun Anggur milik Yayasan Islam Al-Hamidiyah yang terletak di daerah Pengasinan Depok. Acara ini bertujuan untuk memperluas wawasan para santri dalam bidang ilmu pengetahuan. Selain para santri, acara ini dihadiri oleh bapak Ir. H. Moch. Sutjahyo dan ibu dr. Farida Sjaichu selaku Badan Pembina Pengawas YIA, Ibu Marti Alifa Fauzia, S.Psi selaku Wakil Direktur Pendidikan Al-Hamidiyah, Jajaran Manajemen YIA dan perwakilan Guru Madrasah Al-Hamidiyah.

Kegiatan ini diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain:

  1. Mengetahui macam-macam jenis buah anggur

  2. Cara menanam

  3. Cara merawat tanaman Anggur

  4. Cara melestarikan berbagai tanaman buah

Dalam sambutannya,  Ir. H. Moch. Sutjahyo selaku Badan Pembina Pengawas YIA menyampaikan bahwa tempat (kebun) ini nantinya akan dijadikan pusat kegiatan pembelajaran para siswa/santri dan melibatkan wali murid atau wali Santri Al-Hamidiyah dalam belajar berkebun, karena nanti kita akan mengadakan project yang lebih besar lagi dalam Agrowisata ini.


Bapak Ir. H. Moch. Sutjahyo juga menjelaskan rencana untuk kedepannya Al-Hamidiyah sudah menyiapkan tanah 3 hektar di daerah Bogor untuk dijadikan kebun dan beberapa tahun ke depan akan dibangun sekolah lagi di tengah-tengah kebun, dan sekolah itu nanti berada di tengah kebun buah yang asri dan nyaman, dan bukan hanya kebun buah nanti kita sediakan wahana hiburan dan juga restoran jelasnya.

“Agrowisata ini pada dasarnya untuk menciptakan sekolah yang berwawasan lingkungan hidup serta memiliki tujuan meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab lingkungan di kalangan siswa serta memberikan kontribusi nyata dalam menjaga bumi kita”  Bapak Ir. H. Moch. Sutjahyo menjelaskan.

Ibu Marti Alifa Fauzia, S.Psi selaku Wakil Direktur Pendidikan Yayasan berharap dengan acara ini, Al-Hamidiyah menjadi lebih dikenal luas dalam pelestarian alam dan para santri mengambil teladan, dan dedikasi Agrowisata ini.


Seluruh santri, baik putra maupun putri dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), tampak antusias mengikuti acara kunjungan ini. Tidak hanya menikmati petik buah anggur, tetapi juga memperluas pengetahuan mereka tentang jenis-jenis anggur dan teknik menanam yang berkelanjutan.

Dengan semangat ini, Al-Hamidiyah melangkah lebih dekat menuju visi sekolah yang berwawasan lingkungan dan berkontribusi nyata dalam menjaga kelestarian bumi kita.

Penulis: Raja A.