Proyek Basketball Game: Alternatif Menarik Tanpa Gadget
Rabu, 19 Maret 2025 Oleh Hana Qonita | 484 views
 
                                KB-TK Al-Hamidiyah kembali menyelenggarakan kegiatan STEAMMI (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics, Montessori, and Islamic) yang dilakukan setiap bulannya dengan tema yang menarik dan edukatif. Kali ini, anak-anak TK A diajak untuk membuat proyek permainan sederhana dari bahan-bahan sederhana, yaitu Basketball Game. Kegiatan ini dirancang untuk menstimulasi kreativitas anak dengan mengintegrasikan elemen sains, teknologi, teknik, seni, matematika, dan montessori dalam aktivitas yang menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak. Selain itu, nilai-nilai Islam diintegrasikan dalam kegiatan ini, seperti melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an sebagai penguatan spiritual dan motivasi selama proses pembelajaran.
Proyek Basketball Game: Alternatif Menarik Tanpa Gadget
Dalam era digital yang serba canggih, anak-anak seringkali bergantung pada gadget untuk bermain. Melalui proyek Basketball Game ini, anak-anak diajak untuk menciptakan permainan mereka sendiri dari bahan-bahan sederhana atau daur ulang. Kegiatan ini tidak hanya mengurangi ketergantungan pada gadget, tetapi juga melatih keterampilan motorik halus, kreativitas, dan kemampuan problem-solving anak.
Proyek Basketball Game dilakukan melalui beberapa tahapan yang dirancang untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan kreativitas anak. Berikut adalah tahapan yang dilalui oleh anak-anak:
1. Ask
Anak-anak diajak untuk mengamati cara membuat Basketball Game dan memilah bahan-bahan yang akan digunakan. Mereka belajar mengenali berbagai material seperti kardus bekas, tutup botol plastik, stik es krim, dan karet yang dapat dimanfaatkan untuk membuat proyek ini. Pada tahap ini anak-anak juga diajak untuk bertanya dan mengeksplorasi ide-ide kreatif.

2. Image and Plan
Setelah mengamati, anak-anak menyusun rancangan Basketball Game mereka. Mereka membuat sketsa bentuk dan ukuran yang diinginkan, serta merencanakan langkah-langkah pembuatan. Tahap ini melatih kemampuan perencanaan dan imajinasi anak.

3. Create
Pada tahap ini, anak-anak mulai berkreasi membuat Basketball Game sesuai dengan rancangan yang telah disusun. Mereka menggunakan bahan-bahan sederhana seperti kardus, botol plastik, dan lainnya. Proses ini melibatkan keterampilan motorik halus dan kerjasama antar teman.

4. Improve
Setelah selesai membuat, anak-anak melakukan uji coba permainan. Jika ada bagian yang tidak berfungsi dengan baik, mereka melakukan perbaikan. Selain itu anak-anak juga mendekorasi Basketball Game mereka agar terlihat lebih menarik. Tahap ini mengajarkan anak untuk tidak mudah menyerah dan selalu berusaha meningkatkan hasil karya mereka.

5. Presentation
Tahap terakhir adalah presentasi. Anak-anak mempresentasikan alat yang telah mereka buat di depan teman-teman dan guru. Mereka menjelaskan bahan-bahan yang digunakan, proses pembuatan, serta cara bermainnya. Presentasi ini melatih kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi anak.

Melalui proyek Basketball game, anak-anak mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna. Anak-anak mengembangkan kreativitasnya dengan belajar menciptakan sesuatu dari bahan-bahan sederhana, seperti proyek ini memberikan alternatif permainan yang menyenangkan tanpa menggunakan gadget. Anak-anak belajar bekerjasama dan berkomunikasi dengan teman-temannya dan melatih kemampuan problem solving anak dalam memecahkan masalah. Kegiatan ini menjadi pembelajaran kreatif dan integratif yang dapat menciptakan generasi yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia.
Postingan Terpopuler
Rabu, 17 Agustus 2022 Oleh Irma Rahmawati | 11,817 views
Senin, 24 Agustus 2020 Oleh Administrator CMS | 6,775 views
Jumat, 28 Februari 2025 Oleh Hana Qonita | 1,589 views
Kamis, 07 Maret 2024 Oleh Hana Qonita | 1,443 views
Kamis, 31 Agustus 2023 Oleh Irma Rahmawati | 1,365 views
Archive
Kamis, 16 Oktober 2025 Oleh Hana Qonita | 56 views
Jumat, 19 September 2025 Oleh Hana Qonita | 136 views
Kamis, 21 Agustus 2025 Oleh Hana Qonita | 153 views
Kamis, 08 Mei 2025 Oleh Irma Rahmawati | 1,067 views
Jumat, 21 Maret 2025 Oleh Irma Rahmawati | 921 views
Kamis, 20 Maret 2025 Oleh Hana Qonita | 539 views
Rabu, 19 Maret 2025 Oleh Hana Qonita | 484 views
Senin, 10 Maret 2025 Oleh Hana Qonita | 624 views
Selasa, 04 Maret 2025 Oleh Hana Qonita | 1,092 views
Senin, 03 Maret 2025 Oleh Hana Qonita | 621 views
Senin, 03 Maret 2025 Oleh Hana Qonita | 382 views
Jumat, 28 Februari 2025 Oleh Hana Qonita | 517 views
Jumat, 28 Februari 2025 Oleh Hana Qonita | 835 views
Jumat, 28 Februari 2025 Oleh Hana Qonita | 1,589 views
Senin, 10 Februari 2025 Oleh Hana Qonita | 525 views
Senin, 03 Februari 2025 Oleh Hana Qonita | 758 views
Jumat, 22 November 2024 Oleh Hana Qonita | 774 views
Rabu, 16 Oktober 2024 Oleh Hana Qonita | 797 views
Selasa, 08 Oktober 2024 Oleh Hana Qonita | 730 views
Jumat, 20 September 2024 Oleh Hana Qonita | 730 views
Senin, 05 Agustus 2024 Oleh Irma Rahmawati | 1,019 views
Jumat, 31 Mei 2024 Oleh Hana Qonita | 858 views
Selasa, 02 April 2024 Oleh Hana Qonita | 869 views
Kamis, 07 Maret 2024 Oleh Hana Qonita | 1,443 views
Rabu, 06 Maret 2024 Oleh Hana Qonita | 966 views
Jumat, 01 Maret 2024 Oleh Hana Qonita | 1,037 views
Senin, 26 Februari 2024 Oleh Hana Qonita | 841 views
Selasa, 30 Januari 2024 Oleh Administrator CMS | 881 views
Kamis, 25 Januari 2024 Oleh Hana Qonita | 992 views
Sabtu, 20 Januari 2024 Oleh Hana Qonita | 1,159 views
Jumat, 19 Januari 2024 Oleh Hana Qonita | 1,122 views
Rabu, 17 Januari 2024 Oleh Hana Qonita | 1,032 views
Rabu, 25 Oktober 2023 Oleh Irma Rahmawati | 1,290 views
Kamis, 31 Agustus 2023 Oleh Irma Rahmawati | 1,365 views
Senin, 21 Agustus 2023 Oleh Irma Rahmawati | 1,161 views
Jumat, 18 Agustus 2023 Oleh Irma Rahmawati | 1,349 views
Jumat, 04 Agustus 2023 Oleh Irma Rahmawati | 1,221 views
Rabu, 17 Agustus 2022 Oleh Irma Rahmawati | 11,817 views
Senin, 24 Agustus 2020 Oleh Administrator CMS | 6,775 views