TPQ Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Ruang Diskusi Guru TPQ Bersama Psikolog Yayasan Islam Al-Hamidiyah

Senin, 26 Agustus 2024 Oleh Hana Qonita 73 kali

Pada hari Senin, 19 Agustus 2024, TPQ Al-Hamidiyah mengadakan pertemuan dengan Ibu Dra. H. Annie Lutfia Perbowo Psi., selaku Psikolog Yayasan Islam Al-Hamidiyah bersama seluruh Tenaga Pendidik TPQ, sebagai bentuk sebuah komitmen dari Yayasan Islam Al-Hamidiyah dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada seluruh santri TPQ. 

Pendampingan para guru ini sangat penting untuk memastikan proses pembelajaran berjalan optimal, terutama ketika menghadapi hambatan yang disebabkan oleh perkembangan anak yang terhambat atau adanya masalah emosional dan perilaku. Keberadaan psikolog dari sisi pedagogik, membantu memahami kondisi psikologis dan perkembangan masing-masing anak, sehingga mereka dapat menyesuaikan metode pengajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan individual. Hal ini juga memungkinkan guru untuk mengenali tanda-tanda awal dari masalah yang mungkin tidak terlihat secara kasat mata, seperti kesulitan belajar, gangguan perhatian, atau masalah sosial.

Dalam kesempatan ini, Ibu Annie memberikan beberapa tips dalam menghadapi sikap anak serta memberikan kesempatan kepada guru untuk bertanya seputar sikap anak yang dihadapi dalam pembelajaran. Para guru nampak antusias mengikuti diskusi bersama Ibu Annie. 

Kolaborasi antara guru dan Psikolog Yayasan Islam Al-Hamidiyah adalah sebuah bukti TPQ Al-Hamidiyah terus memberikan layanan yang lebih holistik, tidak hanya fokus pada pencapaian akademik tetapi juga perkembangan emosional yang baik, demi menciptakan lingkungan belajar yang suportif, di mana setiap anak merasa dipahami, dihargai, dan didukung secara optimal, yang pada gilirannya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mereka.

Untuk para orang tua yang memiliki pertanyaan seputar putra putrinya di TPQ Al-Hamidiyah dapat berkomunikasi langsung dengan para wali kelas, kami tunggu kehadirannya. Tetap Semangat Melahirkan Generasi Al-Qur’an.



Penulis: Ira Asmara

Penyunting : Tim Kominfo YIA