MTS Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Building Capacities for Positive Change (Penguatan Tim MTs Pesantren Al-Hamidiyah)

Selasa, 16 Januari 2024 Oleh Hana Qonita 458 kali

MTs Pesantren Al-Hamidiyah mengadakan kegiatan penguatan tim yakni Capacity Building pada Kamis 4 Januari 2024 di Camp Hulu Cai, Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MTs Pesantren Al-Hamidiyah yang berjumlah 29 orang.

Rangkaian kegiatan penguatan tim bertujuan untuk membentuk tim yang solid, sehingga dapat meningkatkan kinerja seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MTs Pesantren Al-Hamidiyah.

Manfaat dari kegiatan  menurut Kepala Madrasah Hari Abdus Salam, S.Pd., dalam pembukaan kegiatan Capacity Building ini ialah menjalin komunikasi efektif antar sesama tenaga pendidik dan kependidikan serta Direktorat yang terkait, membentuk tim kerja yang solid, menjalankan program kerja yang maksimal dan sesuai harapan serta untuk perubahan yang lebih baik.


Direktur Pendidikan Yayasan Islam Al-Hamidiyah, Dr. Farida Wulandari dalam penutupan kegiatan mengatakan “ Tim Building MTs Pesantren Al-Hamidiyah ini syarat akan manfaat. Manfaatnya ini tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri tetapi juga untuk tim MTs  Al Hamidiyah. Acara ini memang harus digelar karena kita selalu bekerja secara formal di sekolah. Tampaknya pekerjaan profesionalnya itu hanya sebatas mengajar, padahal profesional itu bagaimana kita bisa berprofesi sebagai guru di manapun di lapangan, di kolam renang, di acara outbound dan di acara bersama siswa. Jadi, intinya adalah kegiatan indoor maupun outdoor sama–sama bermakna. Sehingga nanti harus seimbang antara kegiatan indoor dan outdoor. Biasanya outdoor itu penuh kebahagiaan, keceriaan namun nanti kita bisa balik masukan ke acara internal di sekolah. Bisa juga seceria kegiatan di luar sekolah buktinya bisa saja anak-anak bermain seperti yang kita dapatkan hari ini. Dengan bermain kelompok kita semua merasa bahagia apalagi anak–anak. Bayangkan apalagi anak–anak diajak bermain seperti itu di sekolah sehingga nanti kegiatan yang monoton di sekolah bisa diubah dengan permainan yang kita dapatkan hari ini yang sangat dalam maknanya untuk kesegaran fisik, kecerdasan, kekompakan  dan kegembiraan itulah sebenarnya pembelajaran sejati. Mudah–mudahan hari ini bisa mengubah konsep pembelajaran di sekolah”. Ungkap Ibu Farida Wulandari.


Dirpen menaruh harapan banyak terhadap guru–guru MTs pesantren Al-Hamidiyah karena melihat sinergisasi pada teamwork MTs, prestasi dan keunggulan pada guru dan siswanya. Kepala sekolah akan selalu didukung oleh para guru, karena kepala sekolah dan wakil adalah bentuk dari konsep pendidikan Al-Hamidiyah sehingga dengan para guru mendukung kepala sekolah dan wakil artinya para guru itu mendukukung pendidikan di Yayasan Islam Al-Hamidiyah. 



Pewarta : Wulansari Atikabakti

Penyunting : Tim Kominfo YIA