Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

MTs Al-Hamidiyah Depok Mengikuti Kegiatan Edu Wisata Gerakan Ciliwung Bersih

Rabu, 25 Oktober 2023 Oleh Irma Rahmawati 437 kali

Selasa, 10 Oktober 2023 - MTs Al-Hamidiyah Depok mengikuti acara Edu Wisata Gerakan Ciliwung Bersih yang berlangsung di Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Para santri ditemani oleh Koordinator Madris (Madrasah Riset) MTs Al-Hamidiyah, Ibu Dewi Retno, yang memberikan pengarahan bersama Ibu Peni dan Tim.

Gerakan Ciliwung Bersih diinisiasi oleh Ibu Peni Susanti, seorang mantan Kepala Badan Lingkungan Hidup DKI Jakarta. "Kami sangat senang menerima kunjungan santri MTs Al-Hamidiyah," ucap Ibu Peni. Beliau juga mengajak untuk menjalin kerja sama dalam pelestarian lingkungan hidup.


Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) dan komunitasnya telah berhasil mengubah Sungai Ciliwung, yang dulunya sangat tercemar menjadi sungai yang kini dipenuhi dengan berbagai biota air, seperti udang biru, labi-labi, hingga berang-berang. Dalam kunjungan ini, delapan perwakilan santri dari Gerakan Pesantren Hijau Pesantren Al-Hamidiyah juga memperoleh pembelajaran mengenai cara membuat eco fuel dari sampah organik. Mulai dari melihat pemilahan sampah organik, mengeringkan, mencacah, dan memadatkan sehingga terbentuk eco fuel yang padat.

Melalui keikutsertaan dalam acara ini, diharapkan para santri dapat meningkatkan pemahaman mereka mengenai bagaimana menjadikan lingkungan disekitar mereka menjadi lingkungan yang bersih. Selain itu, mereka diharapkan mampu menerapkan ilmu yang diperoleh untuk mengubah sampah organik dari limbah dapur pesantren menjadi eco fuel melalui proses TOSS RDF.