Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Roots Day MTs Al Hamidiyah: “Mari Kawan Kita Bergandengan Tangan Atasi Perundungan”

Selasa, 12 Desember 2023 Oleh Hana Qonita 334 kali


Depok, 15 Nopember 2023 - MTs. Al-Hamidiyah melaksanakan kegiatan Roots Day. Roots day adalah kegiatan kampanye pencegahan perundungan dan deklarasi anti perundungan yang diinisiasi oleh santri agen perubahan. 

Kegiatan ini merupakan puncak seluruh rangkaian kegiatan yang sebelumnya telah dilaksanakan bersama selama kurang lebih 4 bulan. Di roots day ini seluruh santri agen perubahan membacakan deklarasi yang diikuti oleh seluruh santri. Ibu Maryamah, S.Pd selaku Ketua Panitia Roots Anti Perundungan sekaligus sebagai fasilitator guru menyampaikan bahwa roots adalah program pencegahan perundungan dan roots ini dikembangkan dalam rangka Upaya pencegahan dan penanganan kekerasan antar teman sebaya yang berfokus menciptakan iklim positif yang aman dan nyaman di lingkungan madrasah dengan mengaktivasi peran santri dalam agen perubahan.

Agen perubahan adalah 30 santri yang terpilih dari tiap kelas untuk menyebarkan dan menanamkan nilai-nilai kebaikan dan anti kekerasan di lingkungan madrasah. Di dalam kegiatan roots day ini santri agen perubahan mempersembahkan pembacaan puisi, deklarasi dan tarian jingle agen perubahan. Dengan Program ini, madrasah memilih satu guru sebagai fasilitatior guru (Fasgu) yang tujuannya untuk memfasilitasi agen perubahan dalam diskusi yang dilakukan oleh agen perubahan dalam pertemuan Roots setiap minggunya, fasilitator guru pun berperan memfasilitasi santri untuk melaporkan dan menindaklanjuti  perundungan atau kekerasan yang terjadi di lingkungan madrasah.

Sebelumnya, agen perubahan menerima materi sebanyak 13 kali pertemuan dengan jumlah materi 15 modul yang terdiri dari 10 modul wajib dan 5 modul pilihan, dan kelanjutan dari rangkaian kegiatan roots seluruh santri agen perubahan mengajak para santri untuk menebarkan pesan positif yang salahsatunya dengan memaksimalkan “Kotak Perubahan” yang dilakukan oleh santri agen perubahan kepada seluruh santri Madrasah Tsanawiyah

Selain perayaan Roots Day, MTs. Al-Hamidiyah pun menyelenggarakan penandatanganan Deklarasi Anti Perundungan yang diawali oleh Kepala divisi, Wakil Pengasuh, para pimpinan unit, dewan guru, para tamu undangan serta seluruh santri  sebagai upaya komitmen bersama seluruh warga madrasah dan para tamu undangan dalam mencegah tindak perundungan baik di lingkungan rumah, madrasah maupun lingkungan masyarakat. Kepala Madrasah Bapak Hari Abdus Salam mengatakan “Dengan kegiatan pentas seni ini menjadi ajang kreasi pengembangan bakat dan minat santri juga dengan kegiatan Roots harapannya santri santri bisa nyaman sehingga bisa belajar dan berprestasi”

Dalam sambutan berikutnya yang disampaikan oleh Kepala Divisi Madrasah, Bapak Eridian mengungkapkan bahwa Program ini harus dilaksanakan oleh seluruh santri dengan sebaik-baiknya sebagai Upaya penanganan pencegahan perundungan di madrasah, karena dengan kegiatan ini, ada hal postif yang dapat diambil oleh santri dalam mengubah pola hidup, perilaku dan sikap santri baik pada guru, orang tua, dan masyarakat sekitar.

Selain melaksanakan Roots Day, MTs. Al-Hamidiyah juga mengadakan kegiatan pentas seni dan puncak kegiatan literasi numerasi. Inti dari kegiatan ini adalah untuk mengajak santri  berkreasi, berpikir kritis dan mampu bersaing dengan dunia luar dengan berbagai pengetahuan. Banyak hal positif yang didapat dalam kegiatan tersebut, selain menambah pengetahuan, kegiatan Roots Day juga memberikan penghargaan bagi santri yang kreatif dan disiplin. Itulah makna yang sesungguhnya, bahwa santri harus banyak belajar dari semua hal, tentunya untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan.