Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Say No To Toxic Relationship and Self Harm: Santri MTs, Aurel dan Sarah Mengambil Langkah Penting untuk Kesehatan Jiwa

Selasa, 12 Desember 2023 Oleh Hana Qonita 347 kali

Depok, 19 November 2023 - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, dua santri dari MTs Al-Hamidiyah Depok; Aurel dan Sarah kelas 8C mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Puskesmas Rangkapanjaya. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya kesehatan jiwa, khususnya dalam mengatasi hubungan yang toxic dan meninggalkan perilaku merusak diri.

Kebanyakan orang sering kali melupakan pentingnya menjaga kesehatan jiwa, padahal kesehatan jiwa adalah salah satu hal yang krusial untuk menunjang kehidupan yang berkualitas. 

Kegiatan yang berfokus pada tema "Say No To Toxic Relationship and Self Harm" ini mengajak para peserta untuk memahami pentingnya menjaga kesehatan jiwa melalui hubungan yang sehat dan menghindari perilaku merusak diri.

Para peserta diajak untuk berbagi pengalaman dan mendiskusikan strategi dalam menghadapi tantangan yang kerap muncul dalam kehidupan sehari-hari, seperti stres, tekanan sosial, dan perasaan tidak mampu.

Melalui kegiatan ini, Aurel dan Sarah tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru mengenai dampak negatif dari hubungan yang toxic dan perilaku merusak diri, tetapi juga mempraktikkan teknik-teknik untuk menghadapi permasalahan tersebut. Mereka berlatih untuk mengungkapkan perasaan, empati, dan saling mendukung satu sama lain dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi.

Di samping itu, penting untuk menyadari bahwa stigma yang masih melekat pada masalah kesehatan jiwa kerap menjadi penghalang dalam mencari bantuan. Sebagai generasi muda, langkah yang diambil oleh Aurel dan Sarah untuk mengikuti kegiatan ini menjadi contoh positif bagi teman-teman sebayanya untuk lebih peduli terhadap kesehatan jiwa dan berani membuka diri dalam menghadapi permasalahan tersebut.

Sebagai penutup, kegiatan yang diselenggarakan oleh Puskemas Rangkapanjaya ini menjadi terobosan yang sangat berharga dalam menciptakan generasi yang lebih sehat, baik secara fisik maupun mental. Semoga pengalaman yang didapatkan oleh Aurel dan Sarah menginspirasi kita semua untuk lebih peduli terhadap kesehatan jiwa diri sendiri dan orang lain.



Pewarta : Wulansari Atikabakti 

Sumber : Sarah dan Aurel

Penyunting: Tim Kominfo YIA