Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Pekan STEAMMI 2: "Heal the World" (Menerangi Masa Depan dengan Inovasi Ramah Lingkungan)

Jum'at, 15 Desember 2023 Oleh Hana Qonita 342 kali

Pada tanggal 27 November 2023, Pekan STEAMMI 2 resmi dibuka di Masjid Al-Hamidiyah, dengan tema menginspirasi "Heal the World". Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk implementasi penerapan metode STEAMMI di Madrasah Tsanawiyah Al-Hamidiyah. Penyelenggaraan Program Pekan STEAMMI merealisasikan pembelajaran kooperatif sebagai bagian dari pembelajaran konstruktivisme, di mana peserta didik akan membangun pengetahuan dan pemahamannya sendiri melalui kegiatan tertentu. Acara ini dibuka oleh Kepala Madrasah, Bapak Hari Abdus Salam, yang mengingatkan pentingnya keikutsertaan semua santri dalam pekan Kegiatan STEAMMI  untuk melatih santri dalam kolaborasi tim, inovasi, kreativitas, dan kemampuan komunikasi, serta memberikan kontribusi nyata dalam upaya menyelamatkan lingkungan. 

Pada tanggal 28-30 November 2023, santri kelas 7-9 terlibat dalam proyek kreatif menggunakan limbah sekitar untuk menghasilkan produk bermanfaat. Kelas 7 mengubah limbah kertas menjadi barang yang berguna, Kelas 8 menggunakan limbah minyak jelantah untuk menciptakan produk baru berupa Lilin Aromaterapi, sementara Kelas 9 fokus pada pembuatan tempat sampah otomatis dari bahan sampah. Proyek ini mencakup diskusi kelompok mengenai Isu permasalahan, tantangan dan kriteria produk, desain produk, serta analisis STEM, yang kemudian dipresentasikan pada tanggal 1 Desember 2023.

Acara ini tidak hanya menciptakan peluang bagi santri untuk meningkatkan kemampuan bekerja sama dan kreativitas mereka, tetapi juga mengembangkan kemampuan analisis dan keterampilan berbicara di depan umum. Diharapkan  kegiatan semacam ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi santri, tetapi juga bagi lingkungan di sekitarnya.

Pekan STEAMMI 2 adalah langkah konpkret menuju pengurangan masalah limbah global. ”Kami berharap kegiatan semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya untuk mengadopsi model serupa, membantu menciptakan generasi yang peduli dan inovatif untuk masa depan yang lebih baik” ujar Kepala MTs Al-Hamidiyah, dalam penutupan kegiatan Pekan STEAMMI 2.

Pewarta : Wulansari Atikabakti

Penyunting : Tim Kominfo YIA