Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Teropong Ilmu dan Melodi Budaya; Menelusuri Sains dan Saung Angklung Mang Udjo di Bandung

Jum'at, 23 Februari 2024 Oleh Hana Qonita 270 kali

MTs Al-Hamidiyah kembali mengadakan kegiatan belajar di luar kelas dengan tujuan memperluas wawasan dan pengetahuan para santri dalam bidang ilmu pengetahuan dan budaya. Kali ini, para santri diajak mengunjungi dua destinasi edukatif menarik, yaitu Saung Angklung  Mang Udjo dan Bandung Science. Para santri terlihat begitu senang dan antusias mengikuti outing class ini.

Pertama, mereka mengunjungi Saung Angklung Mang Udjo yang terkenal dengan pertunjukan seni tradisional Sunda. Di sana, para santri dapat menikmati pertunjukan angklung, wayang golek, dan tarian tradisional lainnya serta mempelajari kekayaan budaya Sunda yang mempesona. Anak-anak santri senang bisa melihat langsung seni tradisional yang mereka pelajari di kelas.      


Terakhir, destinasi Bandung Science menjadi puncak kegiatan belajar di luar kelas. Di sana, para santri diajak untuk mencoba berbagai eksperimen ilmiah dan perangkat interaktif yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang ilmu pengetahuan dan teknologi secara menyenangkan. Mereka terlihat sangat senang bisa belajar sambil bermain.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk memperluas pengetahuan para santri dan meningkatkan motivasi belajar. Melalui pengalaman langsung ini, diharapkan para santri semakin termotivasi untuk belajar secara aktif dan kreatif. Dengan adanya kegiatan outing class seperti ini, diharapkan para santri bisa memiliki pengalaman yang luas serta lebih memahami pentingnya belajar di luar kelas.

Selain diikuti oleh para santri, kegiatan ini juga diikuti oleh Guru-guru, Kepala Madrasah dan wakilnya serta turut mendampingi Kepala Divisi Madrasah Bapak Drs. Eridian Patrio Putro. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 352 orang.


Kunjungan ilmiah ini dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Februari 2024, dimulai dari pukul 05.00 hingga 22.00 WIB. Demikian upaya MTs Al-Hamidiyah dalam memberikan pendidikan yang holistik kepada para peserta didiknya. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan akademik dan karakter para peserta. Terima kasih kepada semua pihak yang turut serta dalam pelaksanaan kegiatan ini.


Pewarta : Wulansari Atikabakti

Penyunting: Humas YIA