Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Manasik Haji dan Umroh; Membangun Karakter Santri yang Lebih Agamis

Kamis, 07 Maret 2024 Oleh Hana Qonita 287 kali

Depok, 2 Maret 2024 - MTs Pesantren Al-Hamidiyah Depok menyelenggarakan kegiatan Manasik Haji dan Umroh dengan tema "Membangun Karakter Santri Yang Lebih Agamis Melalui Manasik Haji dan Umroh". Kegiatan ini diikuti oleh santri kelas VIII. Acara dibuka oleh Kepala Madrasah Al-Hamidiyah, Bapak Hari Abdus Salam, S. Pd. Dalam sambutannya, beliau berharap agar seluruh santri kelas delapan dapat mengikuti kegiatan Manasik Haji dan Umroh ini dengan sungguh-sungguh. Beliau juga berharap santri dapat memperoleh pengalaman dan pemahaman yang lebih dalam tentang praktik/manasik ibadah Haji dan Umroh yang sesuai dengan syariat. Mereka juga diharapkan dapat memperoleh nilai-nilai keagamaan yang lebih utuh di dalam diri untuk membangun karakter yang lebih agamis dan memiliki keimanan yang kuat.


Kegiatan manasik dilaksanakan di lapangan STAI Al-Hamidiyah dengan suasana khidmat. Bertindak sebagai muthawif, K.H. Abdul Rasyid, Lc. Acara dimulai dengan praktik wukuf di Masjid Al-Hamidiyah dengan khotib Ananda Marzuki dan Ananda M. Rijki Ramadhan sebagai muazin. Para santri nampak antusias dan gembira mengikuti serangkaian kegiatan praktik/manasik Haji dan Umroh sebagai wujud dari kegiatan belajar di luar kelas.


Panitia kegiatan Manasik Haji terdiri dari penasihat Drs. Eridian Patrio Putra, Kepala MTs Pesantren Al Hamidiyah Hari Abdus. Salam S. Pd yang bertindak sebagai penanggung jawab, serta H. Ahmad Murdiansyah S. Hi sebagai Ketua Pelaksana. Selama kegiatan ini, keamanan, kesehatan, dan kenyamanan para peserta menjadi prioritas utama.


Kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter santri yang lebih agamis dan menambah keimanan dalam diri, sehingga peserta didik MTs Pesantren Al-Hamidiyah dapat menjadi santri yang berkarakter, lebih taat beribadah, dan memiliki keimanan yang kuat. Diharapkan para santri dapat menerapkan pengalaman dari kegiatan Manasik Haji dan Umroh berupa kesabaran dan kedisiplinan ke dalam kehidupan sehari-hari atau "Character Building".

KBIH Al-Hamidiyah turut serta dalam memfasilitasi kegiatan Manasik Haji dan Umroh ini. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para santri MTs Pesantren Al-Hamidiyah untuk meningkatkan kualitas iman dan membangun karakter yang lebih agamis.



Pewarta : Wulansari Atikabakti

Penyunting: Humas YIA