Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

MTs Al-Hamidiyah Mengadakan Pekan STEAMMI 1, Bertemakan Memulihkan Bumi Melalui Kreativitas Santri

Selasa, 19 September 2023 Oleh Irma Rahmawati 464 kali

Depok - Madrasah Tsanawiyah (MTs) mengadakan Pekan STEAMMI 1 yang diselenggarakan pada tanggal 4-6 September 2023. Pekan STEAMMI adalah sebuah ajang yang penuh inovasi dan kolaborasi di lingkungan santri MTs Al-Hamidiyah. Kegiatan ini memadukan pendekatan STEAMMI (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic, Montessori dan  Islamic). Pekan STEAMMI 1 kali ini mengusung tema "Heal The World" (Memulihkan Bumi), dengan memberikan kesempatan kepada santri untuk mengeksplorasi potensi kreatif mereka sekaligus berkontribusi dalam memecahkan masalah Bumi.


Salah satu fitur utama dari Pekan STEAMMI 1 adalah penilaian yang holistik. Santri tidak hanya dinilai berdasarkan kemampuan dalam satu mata pelajaran, tetapi juga integrasi dari beberapa mata pelajaran yang mencakup IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Al-Quran Hadist, Fikih, SKI, Akidah Akhlak, SBK, Informatika dan PJOK. Integrasi mata pelajaran ini mendorong santri untuk memahami bahwa masalah dunia nyata seringkali membutuhkan pendekatan multidisiplin.


Selama Kegiatan ini, santri dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan diberikan tugas untuk mendesain proyek-proyek yang berkaitan dengan tema "Heal The World." Proyek-proyek ini mencakup beragam ide, mulai dari inovasi teknologi hingga solusi berkelanjutan untuk pelestarian lingkungan.

Dalam proses pembuatan proyek-proyek ini, santri diberikan kesempatan untuk berkolaborasi dan belajar bersama. Mereka juga berinteraksi dengan Guru Pendamping yang ahli dalam berbagai bidang ilmu, sehingga, tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka tentang topik yang mereka hadapi, tetapi juga keterampilan sosial mereka.

Selain itu, Pekan STEAMMI 1 juga melibatkan kompetisi antar kelompok yang menyoroti berbagai aspek, termasuk kreativitas, ketepatan teknis, dan dampak sosial. Hal ini memberikan motivasi tambahan kepada santri untuk memberikan yang terbaik.


Dengan semangat "Heal The World," Pekan STEAMMI I MTs 2023 menunjukkan bahwa pendidikan, ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi dapat menjadi kekuatan yang mendorong perubahan positif dalam upaya melindungi bumi. Kegiatan ini adalah bukti nyata bahwa melalui pengetahuan dan kreativitas, kita dapat bersama-sama memulihkan bumi ini. Semoga acara Pekan STEAMMI ini menjadi inspirasi bagi generasi muda  untuk terus berjuang dalam menjaga bumi agar tetap sehat dan lestari.

  

Penulis: Wulansari Atikabakti,S.Ag

Editor: Humas YIA