Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Memperingati Tahun Baru Islam Sebagai Spririt Baru Untuk Berhijrah Menjadi Insan yang Terbaik Dengan Meningkatkan Moral Serta Kualitas Pendidikan

Selasa, 29 Agustus 2023 Oleh Irma Rahmawati 344 kali

SMPI Al-Hamidiyah menyelenggarakan acara Gebyar Muharram 1445 H, pada tanggal 25 Agustus 2023. Tujuan dari dilaksanakan acara ini yaitu;  (1) Mengingatkan akan perjuangan Rasulullah Muhammad SAW dalam berdakwah menyebarkan ajaran islam, (2) Mengambil pelajaran dan contoh tentang sikap serta prinsip Rasulullah dalam berdakwah menyebarkan ajaran agama Islam, (3) Memberikan semangat serta motivasi kepada seluruh siswa akan pentingnya meneladani sikat dakwah Rasulullah SAW, (4) Memberikan gambaran profil sejarah dakwah Rasulullah yang bersumber dari berbagai literasi kitab khususnya kitab Khulasoh Nurul Yaqin, dan (5) Mengingatkan bahwa bulan Muharram adalah awal tahun baru Hijriyah yang merupakan sebuah event penting bagi umat islam untuk saling berbagi melalau santunan anak yatim. 


Kegiatan Gebyar Muharram 1445 H ini bertemakan “Memperingati Tahun Baru Islam sebagai Spirit baru untuk berhijrah menjadi insan yang terbaik dengan meningkatkan moral serta kualitas pendidikan”. Adapun narasumber dalam kegiatan ini yaitu Ustadz Ahmad Nizar Idris, S.H, M.A. Beliau memberikan nasihat serta motivasi kepada seluruh siswa untuk belajar dengan rajin dan tekun sebagai bukti kita mengisi tahun baru hijriyah ini, tidak hanya itu saja akan tetapi meniru sikap Rasul yang dicontohkan oleh Sayyida Ali, seorang remaja yang berilmu dan beriman kepada Allah. Jadi tidak hanya alim dalam ilmu pengetahuan saja yang dapat menyelamatkan manusia, tetapi berilmu dan beriman kepada Allah SWT.

Acara diakhiri dengan santunan anak yatim yang tinggal di sekitar pesantren Al-Hamidyah. Acara selesai tepat pukul 11:00 WIB, dilanjutkan shalat jumat berjamaah bagi siswa putra dan kegiatan keputrian bagi siswi putri, dan setelahnya siswa-siswi melanjutkan kembali kegiatan belajar seperti biasa.


Alhamdulilah, kegiatan gebyar Muharram ini berjalan lancar dan sesuai harapan. Peserta didik menerima syiar yang disampaikan dengan baik, yaitu dapat membuka wacana ilmu pengetahuan tentang sejarah perjuangan dakwah Rasulullah dalam menyebarkan agama islam yang dimulai dari hijrah rasul yang pertama, serta mencontoh sikap Rasulullah yang senantiasa selalu bersabar berprinsip dan tidak mudah menyerah dalam berdakwah menyebarkan ajaran agama islam. Pesan dari acara ini, semoga siswa-siswi SMPI Al-Hamidiyah dapat diintegrasikan dengan semangat dan tekun belajar serta tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah dan tantangan demi kebaikan dan masa depan.

Archive