Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Seminar Pubertas Kelas 7 Bertemakan “How To Deal With Puberty”.

Jum'at, 22 September 2023 Oleh Irma Rahmawati 350 kali

Depok - SMPI Al-Hamidiyah menyelenggarakan Seminar kelas 7 pada hari Kamis, 31 Agustus 2023 yang bertemakan “How To Deal With Puberty”. Seminar ini mendapatkan antusiasme dari kalangan peserta didik dan orang tua murid kelas 7. Tujuan dilaksanakan seminar ini, yaitu untuk menjelaskan kepada remaja mengenai apa itu pubertas, menjelaskan spesifikasi perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan, serta menjelaskan tentang fitrah seksual perempuan dan laki-laki. Dengan tema ini diharapkan para peserta didik kelas 7 bisa lebih kenal dengan dirinya masing-masing dan bisa lebih mengetahui perubahan yang ada di tubuhnya masing-masing.


Kegiatan seminar ini mengundang narasumber Ninnete Putri Mustika, M.Psi., yang merupakan seorang Psikolog. Materi yang diberikan Kak Ninnet, sebagaimana dia akran disapa, sangat mudah dicerna oleh siswa-siswi, sehingga bisa membuat siswa-siswi antusias dengan materi yang disampaikan. Materi yang disampaikan berupa pengertian pubertas, perbedaan perubahan fisik laki-laki dan wanita ketika pubertas, dan fitrah seksual itu sendiri.  Selain materi diatas, ada juga sesi diskusi tanya jawab. Sesi diskusi tanya jawab yang dikemas dengan metode anonim (anonymus), sehingga peserta didik dapat bertanya tanpa merasa malu dengan pertanyaannya. 


Alhamdulillah kegiatan seminar ini berjalan lancar tanpa kendala, berjalan dari jam 08.00 sampai jam 10.30 di Aula SDIT Al-Hamidiyah. Diawali dengan pre-test dan diakhiri dengan post test yang sudah dibuat oleh Kak Ninnete, guna sebagai evaluasi kegiatan. Kegiatan seminar ini bahkan menambah edukasi terkait pubertas terhadap peserta didik kelas 7 SMP Islam Al-Hamidiyah. Harapannya setelah seminar ini diselenggarakan, siswa-siswi dapat lebih mengetahui perubahan yang terjadi pada dirinya ketika pubertas itu datang ke diri mereka, serta dapat lebih mengenal diri sendiri dan menjaga diri dari hal-hal yang merugikan diri sendiri. 


Penulis: Handayani Rizka, S.Hum

Archive