Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Pandai Memanfaatkan Sosial Media Dengan Bijak, SMPI Al-Hamidiyah Mengadakan Seminar Bertemakan “Being Wise In A Digital World As A Moslem Teenager”

Jum'at, 22 September 2023 Oleh Irma Rahmawati 360 kali

SMPI Al-Hamidiyah mengadakan kegiatan Seminar Kelas 9, dengan mengusung tema “Being Wise In A Digital World As A Moslem Teenager”. Kegiatan seminar ini diselenggarakan pada hari Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 08.00 s/d 10.30 WIB di ruang STAI Al-Hamidiyah. Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik kelas 9 berjumlah 83 anak, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, 3 wali kelas, 1 dewan guru, 1 guru BK, dan 1 tenaga librarian


Seminar ini bertujuan agar peserta didik melek dunia digital dan sosial media. memahami pentingnya personal branding, pandai memanfaatkan sosial media dengan bijak, dan menjadi pribadi yang produktif dan inovatif dalam pemanfaatan teknologi digital. Pada pra seminar peserta didik diminta untuk mengisi soal pretest melalui Google Form untuk menggali sejauh mana pengetahuan mereka tentang tema. 


Adapun narasumber yang diundang untuk mengisi acara seminar ini yaitu Kak Ircham Surahman, SE., MCHC., CHt., CPM. seorang pelatih Public Speaking Indonesia. Kegiatan seminar kelas 9 dimulai dengan briefing terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan morning activity (student vow and muraja’ah), pelaksanaan shalat dhuha. Setelah kegiatan seminar dibuka, acara diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawah dilanjutkan dengan pembacaan sambutan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum, pemaparan materi oleh narasumber. Di akhir pemaparan materi, seminar dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab, games edukasi, dan diakhiri dengan do’a penutup.


Pada sesi akhir, peserta didik kembali diminta untuk mengerjakan soal post test untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mereka tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber. Harapannya, semoga kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh civitas akademika SMP Islam Al-Hamidiyah, khususnya bagi para peserta didik. Semoga siswa-siswi dapat mengambil makna dari setiap aktivitas yang dilakukan dan mampu mengamalkan semua ilmu yang diterima dari  narasumber. Semoga peserta didik dapat lebih bijak menggunakan sosial media dalam rangka mengembangkan potensi diri, berkreasi, berinovasi, dan menciptakan personal branding yang tepat sebagai seorang muslim yang taat dan mampu membanggakan almamater, keluarga, masyarakat, dan agamanya. Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin. 




Penulis: Sulistyowati - Guru PAI&BP SMP Islam Al-Hamidiyah

Editor: Humas YIA
Archive