SMPI Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

MPLS SMPI Al-Hamidiyah "Young Generation Innovates, Achieves, and Cares for the Environment"

Kamis, 08 Agustus 2024 Oleh Irma Rahmawati 170 kali

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa baru dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada minggu pertama awal tahun pelajaran 2024/2025. Tema dari MPLS pada tahun ini adalah "Young Generation Innovates, Achieves, and Cares for the Environment".

Tujuan dari kegiatan ini yakni;

  • Mengenali potensi diri siswa baru 

  • Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah 

  • Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru 

  • Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya

  • Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan

Pada hari pertama kegiatan MPLS, seluruh siswa baru kelas VII mengikuti upacara di pagi hari. Kepala sekolah memberikan sambutan dan materi lainnya. Setelah upacara selesai, guru-guru memperkenalkan diri dan mata pelajaran yang dipegang oleh masing-masing guru dan juga wali kelas. Setelah upacara selesai, seluruh siswa berada di aula untuk mendapatkan materi selanjutnya mengenai tata tertib sekolah. Kemudian Siswa Kelas VII melakukan Pengenalan Lingkungan Sekolah yakni Sarana dan Prasarana Sekolah: Mengenalkan fasilitas yang ada di sekolah, seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, dan lain-lain di damping oleh Student Council (SC) dan berziarah ke makan Alm. K.H Achmad Sjaichu.


Selanjutnya, seluruh siswa baru mendapatkan materi mengenai Sekolah Adiwiyata, Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), Kurikulum Merdeka, Mengenal struktur organisasi Student Council (SC) dan programnya.

Presentasi metode Ummi, Science, Math & English, Pengenalan Perpustakaan dilanjutkan dengan materi kesadaran berbangsa dan bernegara. Kegiatan dilanjutkan dengan materi mengenai program unggulan SMPI lainnya, yaitu Student Immersion dan Orange Camp. Kedua program ini dirancang untuk memperkaya pengalaman belajar siswa melalui berbagai kegiatan,



Pada hari kedua MPLS, para peserta bermain berbagai games outdoor yang dilakukan pada pagi hari. Setelah istirahat sejenak, mereka kembali ke aula untuk menyaksikan rangkaian presentasi menarik tentang program unggulan SMPI.

Sebagai penutup acara, ada materi tambahan yang disampaikan oleh para alumni SMP Islam Al-Hamidiyah. Mereka berbagi tips berharga tentang bagaimana sukses dalam organisasi dan akademik. 


Para alumni ini menceritakan pengalaman mereka, memberikan saran praktis, dan memotivasi para peserta untuk aktif berorganisasi serta berprestasi dibidang akademik. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan Ekstrakurikuler yang ada di SMP Islam Al-Hamidiyah.

Archive