Sekolah Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Sehari Mengenal Turki MA Al-Hamidiyah

Rabu, 09 Maret 2022 Oleh Irma Rahmawati 876 kali

Depok, Jum’at 18 Februari 2022 telah dilaksanakan sosialisasi yang bertema “Sehari Mengenal Turki” untuk seluruh kelas XII yang bertujuan untuk mengenalkan budaya Negara Turki serta tata cara agar dapat berkuliah di Turki. Acara sosialisasi ini diisi oleh narasumber: Khairunnas. B.A selaku perwakilan dari PT. Biru Marmara Edukasi (BME) dan diikuti oleh seluruh kelas XII IPA, IPS 1, IPS 2, dan MAPK.

Lembaga Biru Marmara Edukasi (BME) ini merupakan konsultan pendidikan di Indonesia yang mendedikasikan dalam hal pendidikan dan kuliah di Turki. Acara dibuka dengan penayangan video profil sekolah Al-Hamidiyah, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh saudari Maulia dari kelas XII IPA selaku pembawa acara. Dilanjutkan dengan pembacaan tilawah Al-Qur’an oleh saudara Rizwan XII MAPK, dan sambutan oleh Ibu Ira Asmara, S.Pd., M.M. selaku Kepala MA Al-Hamidiyah serta Bapak Hadi Sukoco, M.Pd. selaku Kepala Divisi Paud & Dikdasmen YIA. Setelah penyampaian sambutan, acara selanjutnya yaitu penayangan video mengenai kuliah di Turki dan penyampaian materi oleh narasumber 


Isi materi yang dipaparkan oleh narasumber salah satunya adalah “8 Alasan Wajib Kuliah di Turki” yaitu 1) Standar Pendidikan Eropa: Turki terus meningkatkan daya saingnya dalam bidang pendidikan. 2) Biaya Hidup Terjangkau: Relatif sama dengan biaya hidup di Indonesia. 3) Panorama Alamnya Mempesona: Banyaknya tempat wisata sejarah, rohani, dan alam. 4) Unik dan Menarik: Istanbul sebagai kota terbesar di dunia dan termasuk dalam dua benua. 5) Kaya dengan Sejarah: Banyaknya rekam jejak dari peradaban masyarakat dunia pada masa lampau dari bangsa Yunani, Romawi, hingga Ottoman. 6) Turki sangat Multikultural: Adanya perpaduan dari budaya barat dan timur. 7) Negara yang Ramah dan Aman: Penduduknya yang ramah. 8) Kaya akan Lingkungan Industri:  Turki mengintegrasikan akses universitas dengan industri yang berkembang pesat di dunia. Materi lainnya yang disampaikan adalah subsidi yang diberikan oleh pemerintah Turki seperti, subsidi biaya SPP PTN Turki, makan siang di kampus, transportasi umum kota, tinggal di Madrasah/Asrama Pemerintah, dan Student Exchange ke kampus Eropa. Untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri di Turki calon siswa memiliki 3 jalur seleksi yaitu jalur seleksi ujian YOS, seleksi jalur berkas rapor atau ijazah, dan seleksi ujian SAT.

Setelah pemaparan dari narasumber, diikuti dengan sesi tanya jawab peserta, yang diwakili oleh Maulia dan Garda kelas XII IPA, Duta dan Husna kelas XII IPS 1. Total ada 4 peserta yang mengajukan pertanyaan di sesi tanya jawab, dan telah dipilih 2 pertanyaan terbaik yaitu pertanyaan dari Duta dan Husna yang mendapat hadiah berupa uang tunai sebesar Rp.50.000,00.

Rangkaian acara terakhir, adalah doa oleh saudara M. Faiz dari kelas XII IPA dilanjutkan dengan acara foto bersama sebagai penutup acara.



Penulis: Sri Wahyuni Noviyanti S.Pd



Archive