Sekolah Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

MA Al-Hamidiyah Menggelar MGMP dan Workshop Kurikulum Merdeka

Senin, 05 Juni 2023 Oleh Irma Rahmawati 703 kali

DEPOK - Madrasah Aliyah (MA) Al-Hamidiyah Depok mengadakan MGMP dan Workshop Kurikulum Merdeka pada 31 Mei 2023. MGMP dan Workshop Kurikulum Merdeka diikuti oleh seluruh guru MA Al-Hamidiyah. Kegiatan ini dilakukan di ruang kelas X MAPK pada pukul 13.00 – 16.00 WIB.

MGMP ini bertujuan untuk meningkatkan dan menguatkan kompetensi guru MA Al-Hamidiyah melalui diskusi dan pelatihan tentang Kurikulum Merdeka. Kegiatan MGMP dan Workshop Kurikulum Merdeka dibuka oleh MC Fatima Yunita Sari, S.Pd, pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan saritilawah oleh Hari Abdus Salam, S. Pd. dan N. Yanti S, S. Ag.

Direktur Pendidikan Yayasan Islam Al-Hamidiyah, Dr. Farida Wulandari, S.S, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan “MGMP identik dengan musyawarah dan kurikulum merdeka identik dengan literasi dan numerasi. MGMP ini merupakan momen kita duduk bersama mencari sesuatu, mengidentifikasi apa yang terjadi, mengkaji, brainstorming, berpendapat, mencari sumber-sumber ilmiah, mempelajari dan menganalisis untuk pembelajaran. Kurikulum Merdeka paling identik dengan bagaimana siswa bisa mandiri, berkolaborasi, dan bersinergi dengan dirinya dan lingkungannya.” ucapnya.


Selanjutnya, acara dilanjutkan oleh pemaparan materi oleh Hj. Ijah Sopiah M.Pd. Selaku Asesor Ban S/M Provinsi Jawa Barat. Dalam paparannya, Hj. Ijah Sopiah M.Pd. mengatakan “Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum peralihan pasca pandemi atau sebagai pemulihan pembelajaran. Letak transformasinya di mana? Transformasinya guru tidak memberikan ilmu kepada anak-anak secara langsung, tetapi anak-anak yang mencari ilmu. Tugas guru memfasilitasi kebutuhan peserta didik yang kodrat bakat dan minatnya berbeda, supaya peserta didik merasa belajar lebih bermakna. Di akhir pembelajaran juga siswa dan guru harus melakukan refleksi terkait pembelajaran pada hari itu. Kemudian, untuk administrasi guru juga sedikit berbeda dari sebelumnya, administrasi dibuat lebih sederhana.”ujar Hj. Ijah Sopiah M.Pd.

Kegiatan MGMP dan Workshop Kurikulum Merdeka ditutup dengan pembacaan doa oleh Subhan Hidayat, S.Sos.I. dan dilanjut dengan foto bersama.



Penulis : Sri Wahyuni Noviyanti


Archive