Sekolah Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Kuatkan Pengetahuan Kepemimpinan, Pengurus ISPAH Ikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)

Kamis, 22 Juni 2023 Oleh Irma Rahmawati 778 kali

DEPOK – Keberanian dan semangat kepemimpinan meluap pada Pengurus Ikatan Santri Pesantren Al-Hamidiyah (ISPAH) yang akhirnya meraih kesempatan untuk mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada pertengahan bulan Juni (Jumat, 16/6/2023). Dalam upaya mengasah kemampuan kepemimpinan para pengurus ISPAH, mereka dengan penuh dedikasi menggelar program LDKS dengan tema “Membangun Generasi Muda 3T: Tertib Ibadah, Tertib Belajar dan Tertib Organisasi”.

Hari Jumat, 16 Juni 2023, tepat pukul 07.00, bertempat di Aula STAI adalah awal mula dari rangkaian kegiatan LDKS ini. Para pengurus ISPAH disajikan dengan materi yang berharga mulai dari Etika Berorganisasi, Leadership, hingga penyusunan proposal dan Surat Menyurat oleh Ibu Ira Asmara selaku Kepala Sekolah MA, Prof. Oman Fathurrahman selaku Kepala Pengasuh Pesantren Al-Hamidiyah dan Dr. Farida Wulandari selaku Direktur Pendidikan YIA


Dengan materi-materi tersebut, para pengurus ISPAH diharapkan dapat memperkuat kemampuan berorganisasi secara sistematis dan membangun pondasi kepemimpinan yang kokoh. Seluruh materi yang disampaikan sepanjang pagi hingga menjelang waktu shalat Jumat, memberikan pengetahuan maksimal bagi para pengurus yang penuh semangat.

Setelah istirahat dan melaksanakan sholat, peserta LDKS diarahkan untuk melanjutkan kegiatan di KODIM yang berlokasi di Jl. Pramuka Raya No.2, Mampang, Kec. Pancoran Mas. Para peserta berjalan kaki dengan penuh semangat menuju destinasi tersebut untuk mengikuti sesi materi lapangan yang akan disampaikan oleh petugas KODIM 0508. Materi yang diberikan berfokus pada pelatihan baris berbaris (PBB) dan Games yang mengasah kekompakan tim. Pelatihan PBB dilaksanakan mulai pukul 13.30 sampai 15.00, di mana para peserta dilatih untuk menjadi lebih kompak dan disiplin dalam mengikuti arahan pelatih.


Setelah pelatihan PBB, peserta LDKS diberikan waktu istirahat untuk melaksanakan sholat ashar dan beristirahat sejenak, sebelum melanjutkan kembali serangkaian games lainnya, seperti mengangkat bola dengan beberapa utas tali, membawa gelas berisi air dengan kain, dan permainan tutup mata. Setelah games selesai, peserta LDKS berkumpul di lapangan untuk penutupan yang dipimpin oleh para pelatih KODIM 0508. Selanjutnya, para peserta kembali ke pondok pesantren untuk melaksanakan ISHOMA, sebelum Maghrib hingga setelah Sholat Isya.

Setelah melaksanakan Sholat Isya, para peserta LDKS kembali ke aula STAI untuk melanjutkan materi LDKS. Materi pertama yang disampaikan adalah tentang Public Speaking yang dijelaskan oleh Kepala Kepesantrenan Ust. Suma Wijaya,  M.I.Kom. Para peserta diberikan pemahaman tentang teknik melatih public speaking yang benar dan sempurna. Materi kedua adalah Organization Branding yang dipresentasikan oleh Bu Ira Asmara. Para peserta diajarkan untuk mengenalkan organisasi kepada individu atau kelompok dalam masyarakat serta menjadi figur publik yang baik di dalam suatu kelompok masyarakat. Acara ditutup dengan tausiyah singkat yang disampaikan oleh Wakil Pengasuh K.H. Abdul Rasyid Marhali, Lc, diikuti dengan doa bersama dan sesi foto.