Sekolah Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Raih Juara di Kompetisi Sains Madrasah Kota Depok, MA Al-Hamidiyah Akan Maju ke Tingkat Provinsi

Senin, 17 Oktober 2022 Oleh Kajis 842 kali

DEPOK - Kabar gembira menyelimuti Madrasah Aliyah (MA) Al-Hamidiyah Depok. Berdasarkan hasil seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kota Depok yang diselenggarakan di  Pondok Pesantren Terpadu Ibnu Nafis Depok, tiga siswa MA Al-Hamidiyah berhasil meraih juara.

Mereka ialah Naya Aulya Putri, meraih Juara II bidang Biologi Terintegrasi, Auliyaa Shavira Hadi Juara Harapan II Biologi Terintegrasi, dan Muhammad Wildan Azizi Juara Harapan III Fisika Terintegrasi.

“Selamat dan semangat untuk para juara, guru pembimbing, dan MA Al-Hamidiyah, semoga prestasi kembali diraih oleh kami semua pada KSM tingkat Provinsi tahun 2022. Amin,” ungkap Ibu Ira Asmara, S. Pd, M.M, Kepala MA Al-Hamidiyah.

Peserta yang meraih juara 1, 2 dan 3 ditetapkan akan mengikuti KSM tingkat Provinsi, dengan demikian Naya Aulya Putri dari MA Al-Hamidiyah akan mewakili kota Depok untuk mengikuti KSM tingkat Provinsi bidang Biologi Terintegrasi. 

Perlu diketahui bahwa KSM sebagai  ajang berkompetisi dalam bidang sains diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, dalam  proses  pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi.

MA Al-Hamidiyah Depok mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM)  tingkat kota Depok tahun 2022. Ada  enam bidang lomba yaitu Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi dan Geografi Terintegrasi, Sabtu (13/08/22). 

Tahap pertama yang dilakukan ialah para guru pembimbing melakukan seleksi di tingkat satuan pendidikan sehingga terpilih 12 (dua belas) peserta yang mewakili bidang lomba tersebut, satu bidang lomba diikuti oleh 2 (dua) santri. 

Selanjutnya para peserta terpilih tersebut dibimbing oleh guru pembimbing masing-masing bidang. Kepala MA Al-Hamidiyah memberikan dukungan penuh kepada para peserta dan juga pembimbing, salah satunya dengan mendaftarkan peserta mengikuti bimbel KSM yang difasilitasi panitia KSM.

“Hal yang membedakan KSM dengan Kompetisi lainnya, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam dan ini dilakukan mulai tahun 2018, soal-soal yang diberikan dikaitkan dengan ayat-ayat Al-Qur’an dan Hadits,” tutur Bu Ira.


Pewarta: Ratu Mariatul Khusna, S.Pd.


Archive