Sekolah Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Pencegahan Narkoba dan LGBT, Puluhan Pelajar se-Kota Depok Ikuti Halaqoh Dakwah MUI Kota Depok

Jum'at, 11 Agustus 2023 Oleh Irma Rahmawati 721 kali

Depok, LTN NU Bogor Raya - Majelis Ulama Indonesia Kota Depok mengadakan Halaqoh Dakwah bertemakan "Strategi Dakwah dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba dan Bahaya LGBT di Kalangan Remaja" Bertempat di Aula MUI (09/08) Rabu. 

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang Dakwah K.H Bahrudin Toyyib. Dalam sambutannya, ia menyatakan bahwa pentingnya hadirin dan hadirat dari perwakilan seluruh Kecamatan Kota Depok, Sekolah Negri dan Swasta serta Remaja Masjid Kota Depok memahami bahaya Narkotika dan LGBT. 

"Dengan adanya pemahaman bahaya Narkoba dan LGBT bagaimana mencegahnya, bagaimana nilai-nilai agama serta psikologi, yang betul-betul religius ini bisa diantisipasi dengan adanya halaqoh ini. Untuk mengantisipasi dan siap memerangi narkoba untuk kebaikan generasi emas di Kota Depok. Hadirnya DKM Masjid, Ketua OSIS Ketua Remaja Masjid, bisa mengembangkan di sekolah, masjid masing-masing," ungkap Kiai Pesantren Assalamah Depok.

Pada acara ini juga dihadiri oleh  oleh Wakil Ketua Umum MUI, K.H. Samsul Yakin. Pada kesempatan ini ia menyatakan bahwa dengan Perspektif dakwah, penyalahgunaan narkoba dan bahaya LGBT tidak cukup hanya dengan strategi dakwah, metode dakwah dan teknik dakwah tanpa melibatkan banyak pakar juga ahli. Ia menambahkan bahwa LGBT masalah klasik yang kembali pada masa kini, yang dahulu sudah ada pada zaman Nabi Luth. 

Strategi dakwah, perencanaan, didesain, dibuat, dengan melakukan edukasi, juga dalam konteks rasional (hadirnya para remaja sekolah dan masjid) juga ada pendekatan spiritual (akhirat itu nyata dan menakutkan bagi yang menggunakan narkoba dan melanggar syariat). 

ادْعُ إِلَىٰ سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ ۖ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ ۚ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ ۖ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-Mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk”. (QS. An-Nahl : 125)

Sesi selanjutnya diisi oleh Kombes Heru Prasetyo selaku Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok. Bahwa generasi muda harus dijaga. Dengan adanya bonus demografi, Indonesia emas 2045, pada tahun itu produktif, yang akan menentukan arah Indonesia. 

Sesi selanjutnya diisi oleh Leni Utama, Ahli Psikologi. Ia menekankan bahwa LGBT jangan sampai menjadi masalah sosial yang semakin merebak, penyakit sosial yang menular. "Ini merupakan psikoedukasi, tidak cukup di sini saja, Negara kita tingkat religiusitasnya tinggi, Lesbian Gay Bisexual Transgender (dalam gangguan sikologis) dalam Al-Quran sudah jelas merupakan hal yang haram dilakukan," ungkapnya. 

Kegiatan halaqoh dakwah dimulai dengan pembacaan tilawatil Quran dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars MUI. Hadir perwakilan dari setiap perwakilan pengurus OSIS se-Kota Depok, Remaja Masjid se-Kota Depok, DKM Masjid se-Kota Depok dan jajaran pengurus MUI Kota Depok. 


Madrasah Aliyah Pesantren Al-Hamidiyah mengutus M. Syafiq Azmi Baskaradi (Ketua Takmir Masjid) , Ahmad Dhiaulhaq (Sekretaris) dan Aryo Duta Santoso (Ketua ISPAH). 



Penulis : Abdul Mun'im Hasan

Editor: Humas YIA

Archive