SDIT Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Segarkan Semangat Mengajar: Supervisi dan Penyegaran Metode Ummi Guru Al-Qur’an SDIT Al-Hamidiyah

Rabu, 11 September 2024 Oleh Hana Qonita 91 kali

Pembelajaran membaca Al-Qur’an yang baik membutuhkan sebuah sistem yang mampu menjamin mutu setiap anak agar dapat mempelajari Al-Qur’an dengan cepat dan mudah secara tartil. Sebagaimana halnya program pembelajaran yang lainnya, bahwa dalam pembelajaran Al-Qur’an juga membutuhkan pengembangan, baik dari segi konten, konteks, maupun support system




Ummi Foundation membangun sebuah sistem mutu pembelajaran Al-Qur’an dengan melakukan standarisasi input, proses, dan outputnya. Keseluruhan standarisasi tersebut terdapat dalam 7 program dasar metode ummi, yang meliputi; tashih, tahsin, sertifikasi, coaching, supervisi, munaqosyah, dan khotmul Qur’an & Imtihan.

Untuk mewujudkan hal di atas, SDIT Al-Hamidiyah menyelenggarakan kegiatan supervisi dan penyegaran guru Al-Qur’an yang dilaksanakan selama tiga sesi pembelajaran. Sesi pertama dilaksanakan kegiatan supervisi guru Al-Qur’an pada Rabu, 4 September 2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Ustaz M. Abdul Hamid, M.Pd. dan Ustazah Zakiyah, S.Pd. Mereka merupakan supervisor perwakilan quality control external dari tim Ummi Foundation. Hal yang menjadi temuan-temuan di kelas selama supervisi berlangsung akan menjadi bahan evaluasi dan penguatan bagi guru Al-Qur’an pada kegiatan refresh  guru Al-Qur’an.

Setelah itu, guru Al-Qur’an mengikuti kegiatan penyegaran yang merupakan rangkaian dari sesi pembelajaran sebelumnya pada Rabu dan Kamis, 11-12 September 2024.  Kegiatan yang berlangsung di ruang montessori ini merupakan salah satu bentuk peningkatan kompetensi dan peningkatan kualitas guru Al-Qur’an.
Kegiatan penyegaran guru Al-Qur’an diawali pembukaan yang disampaikan oleh Hj. Ruhatin, S.Pd. selaku koordinator guru Al-Qur’an SDIT Al-Hamidiyah. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan kembali agar guru-guru Al-Qur’an mendapat penyegaran dalam metode ummi dan bisa menerapkannya kepada peserta didik sesuai standar metode ummi agar kualitas tetap terjaga.

Ustaz Abdul Hamid, M.Pd. selaku penjamin mutu Ummi Depok menyampaikan bahwa program ini dilakukan secara berkala. Beliau mengingatkan kembali visi misi metode ummi yakni menjadi lembaga terdepan dalam melahirkan generasi Qur’ani (Al-Qur’an baik, salat baik, dan adab baik).  Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan review kekuatan metode ummi, model pembelajaran, tahapan-tahapan pembelajaran metode ummi, panduan mengajar ummi jilid 1-6, ghorib, tajwid dan Al-Qur’an yang diakhiri dengan micro teaching guru Al-Qur’an.



Alhamdulillah, kegiatan supervisi dan penyegaran metode ummi berjalan lancar. Melalui kegiatan ini, guru Al-Qur’an diharapkan untuk berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan memberikan yang terbaik dalam mendidik generasi Qur’ani.




Penulis : Nurul Karima 
Penyunting : Humas YIA 



Archive