Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Field Trip SDIT Al Hamidiyah level 3 ke Robopark; Membangun Daya Tarik Siswa Untuk Merancang Sesuatu Prototype yang Dapat Digunakan dalam Kehidupan Sehari-hari

Senin, 11 Desember 2023 Oleh Hana Qonita 796 kali

Level 3 SDIT Al-Hamidiyah mengadakan Field Trip ke Robopark Pluit Village mall lantai 2, Jakarta Utara (5/Desember/ 2023). Pemberangkatan dimulai dari pukul 07.30 menggunakan bus. Kegiatan ini diikuti oleh 121 Siswa (15 Kelompok) dengan 15 pendamping. Sebelum pemberangkatan siswa dikumpulkan di lapangan SDIT Al Hamidiyah, siswa menggunakan tanda pengenal berupa tas gendong kepompong dengan nama masing-masing, menggunakan kaos field trip yang sama berwarna lilac (Ungu muda). 

Sesampainya di Pluit Village Mall, siswa berjalan menuju Robopark lantai 2. Kegiatan dimulai dengan berdoa bersama dan diberikan pengantar oleh pihak Robopark, dikenalkan juga beberapa pendamping  dari pihak Robopark yang akan mengajarkan kegunaan robot dan bagaimana pembuatan dan cara memainkan robot yang ada di setiap wahana. Wahana yang diikuti sangat banyak, sekitar 15 wahana, Yaitu VR + PS, Al Autonomous, Wahana game, Health, tebak kata, tebak gambar, clamp, desk set, ventilat-ing fan, ventilating fan diy, Dinopark, Puzzle Game, Robot Show case 1, Robot Show Case 2, 13D.

Nama- nama Robot yang ada di Robopark di antaranya : Roboflow HFNC, Robot Ventilator / Robovent, Robohelm, Arm Robot 4 Dos, Smart Trolley, Teleprensence Yellow bot, Quincy Bot, Pembelajaran Artificial Intelligence, Robot Delivery, Robot Gayatri, Stark Telepresence Robot, Underware Robot, Robot Barista, Robot Soccer, dan lain sebagainya.

Menurut Ms Endang Gayatri,M.Pd salah satu Pembimbing siswa field trip kelas 3 SDIT Al Hamidiyah. “Kegiatan ini menambah pengetahuan siswa tentang robotic, misalnya bahwa robot itu ternyata bisa dimanfaatkan untuk menggantikan tugas manusia. Manfaatnya sangatlah banyak seperti : Membangun berpikir kritis siswa tentang kegiatan apa saja yang ternyata dapat dilakukan/digantikan oleh robot. Permainan seperti sumo dan bermain sepak bola ternyata bisa digantikan oleh robot. Hal tersebut membangun daya tarik siswa untuk merancang sesuatu prototype yang seperti robot yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Melatih siswa untuk bersikap teratur dan sopan santun sesuai arahan sekolah selama berada di tempat umum. Tertib dan teratur dalam menggunakan fasilitas umum seperti toilet dan mushola. Ujar wali kelas 3 Abu Bakar Ash Sidiq ini. 


Siswa sangat antusias dan senang tentunya karena mereka bisa mencoba berbagai macam robot yang ada di Robopark. Menambah pengalaman yang mungkin belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Tambahnya. 

Salah satu siswa level 3 Umar bin Khotob Ziya Vayolla Ardhani mengungkapkan “Happy banget dengan kegiatan ini karena robotnya sangat banyak dan bagus. Biasanya aku hanya lihatnya di handphone atau di TV, tapi di Robopark aku bisa melihat robotnya langsung, ada yang bisa nari, ada yang bisa bergerak sendiri, ada yang bisa digerakan menggunakan stick. Lucu  banget deh. Aku sangat happy. Manfaat kegiatan ini juga aku bisa belajar teknologi, bisa belajar sambil bermain. Dari semua wahana yang ada aku sangat menyukai Cinema 3D dan VR” Pungkasnya.

        Menurut Ms Anis Anisya,S.Pd selaku Kepala Sekolah SDIT Al Hamidiyah Field trip adalah pembelajaran yang memberikan pengalaman langsung kepada siswa terkait materi pelajaran dan kompetensi yang sedang dipelajari, di luar lingkungan kelas. Manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan fieldtrip, yaitu: memperluas wawasan pengetahuan, meningkatkan motivasi belajar, mengembangkan ketrampilan social, memupuk rasa ingin tahu, dan menumbuhkan pengalaman berharga. 

Penulis :Mona Rosdiana, S.Pd,CNMC,CNPS

Penyunting : Tim Kominfo YIA 

Archive