Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

SDIT Al-Hamidiyah Menggelar Kegiatan Peduli Sesama Selama Bulan Ramadan 1444 H

Senin, 17 April 2023 Oleh Irma Rahmawati 568 kali

Depok - Bulan Ramadan telah usai. Sejak awal bulan Ramadan SDIT Al-Hamidiyah telah menggelar beberapa kegiatan keagamaan, diantaranya Tarhib Ramadan, Tadarusan Guru, Buka Puasa Bersama, SDIT Berbagi Takjil, Semalam Ramadan (Mabit), Amaliah Ramadan dan Peduli Sesama hingga Halal Bihalal.

Amaliah Ramadan dan Peduli Sesama merupakan salah satu kegiatan keagamaan yang digelar pada 10-14 April 2023 yaitu saat bulan Ramadan berlangsung. Kegiatan ini bertemakan “Menjadikan Bulan Suci Ramadan Sebagai Bulan Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan’’. 

“Kegiatan amaliah Ramadan mempunyai tujuan agar siswa-siswi dapat mengekspresikan atau mengaktualisasi diri pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan Ramadan. Mengenalkan Ramadhan bukan hanya kegiatan puasa, namun kegiatan keagamaan lainnya,’’ ujar Kepala Sekolah SDIT Al-Hamidiyah Swandaru,M.Pd.

Selain itu, mengenalkan kegiatan yang ada di pesantren. Dengan harapan bermanfaat bagi pelajar Al-Hamidiyah. “Belajar bagaimana memanfaatkan Ramadan supaya menjadi pelajar yang baik dan teladan,’’ lanjut Swandaru,M.Pd.

Dengan amaliah Ramadan, diharapkan agar para siswa dan siswi lebih fokus beribadah dalam bulan puasa. “Ini dalam rangka memperkuat iman dan takwa dan juga memperbanyak mempelajari ajaran Islam saat Ramadan,’’ imbuhnya.


Sedangkan Ramadan peduli sesama, agar pelajar SDIT Al-Hamidiyah mampu meningkatkan empatinya. Dengan cara berbagi kepada orang-orang yang berhak dan membutuhkan di lingkungan Al-Hamidiyah. “Bagaimana mereka bisa merasakan bersama-sama mengumpulkan sebuah kegiatan charity (amal) untuk orang lain. Harapannya dari kegiatan ini menjadi dasar pembelajaran mereka sampai dewasa nanti bahwa mereka tidak hanya hidup sendiri. Tetapi hidup dengan orang lain dan harus saling berbagi,’’ tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Penyelenggara Imam Darukutni,S.Pd.I menambahkan, amaliah Ramadan sudah berjalan rutin digelar dari tahun ke tahun di SDIT Al-Hamidiyah. “Kegiatan ini sangat positif untuk para siswa-siswi. Mereka diharapkan dapat memaknai kegiatan dengan positif dan penuh makna. Mereka juga mendapat edukasi, ilmu, mendapatkan pelajaran dan pengalaman dari amaliah Ramadan,’’ terangnya.


Salah seorang pelajar SDIT Al-Hamidiyah Hata Granadin Level V Abu Bakar Asshidiq menyambut baik kegiatan tersebut. “Bisa ikut berbagi sesama tentu senang. Juga dapat ikut berpartisipasi di amaliah Ramadan. Semoga menambah pahala,’’ kata Adin-sapaan akrabnya.

Kegiatan peduli sesama membagikan 250 paket parsel lebaran yang isinya beragam untuk mustahiq atau orang yang berhak di lingkungan SDIT Al-Hamidiyah. Di antaranya security, tukang kayu, dan tukang kebun. Juga kepada yatim di lingkungan RT Yayasan Al-Hamidiyah. ’’Murid SDIT Al-Hamidiyah mengumpulkan dalam bentuk sembako, snack, sirup, dan lain-lain,’’ tambahnya.




Penulis: Mona Rosdiana,S.Pd,C.NMC.,C.NPS

Editor: Irma R.

Archive