SDIT Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Momen Rasa Syukur Kepada Sang Pencipta: Khotmul Qur’an dan Imtihan Metode Ummi SDIT Al-Hamidiyah Angkatan IX

Selasa, 28 Mei 2024 Oleh Hana Qonita 484 kali

Alhamdulillah tahun ini SDIT Al-Hamidiyah kembali melaksanakan Khotmul Qur’an dan Imtihan Metode Ummi angkatan ke-IX untuk siswa-siswi yang telah berhasil dan lulus pada pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi.

Khotmul Qur’an dan Imtihan merupakan momen yang membanggakan dan penuh rasa syukur. Peristiwa ini melalui perjalanan panjang yang diiringi ketekunan, kesabaran, dan keikhlasan. Momen ini bukan hanya tentang hafal dan membaca Al-Qur’an, tetapi juga tentang merangkai ikatan yang erat dengan Allah Swt. Setiap ayat yang dihafal dan dibaca adalah bentuk cinta yang ingin dipersembahkan kepada Sang Pencipta.



Kegiatan Khotmul Qur’an dan Imtihan dilaksanakan pada hari Jumat tepatnya  tanggal 17 Mei 2024 di gedung UTCC (Universitas Terbuka Convention Center) Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan Banten mulai pukul 07.00 – 11.00 WIB. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mars Yayasan Al-Hamidiyah, dan mars SDIT Al-Hamidiyah oleh seluruh wali murid dan tamu undangan. Selanjutnya, peserta Khotmul Qur’an dan Imtihan memasuki gedung diiringi dengan senandung doa Khotmul Qur’an. Suasana khusyu dan syahdu terasa dalam gedung. Dilsyad, salah satu peserta Khotmul Qur’an dan Imtihan kategori Tartil, memberikan salam dan melanjutkan membaca bersama-sama surat At-Takatsur sampai sebagian surat Al-Baqarah (ayat kursi) sebagai prosesi khataman Qur’an. Kemudian Fazzan siswa kelas 6 yang mengikuti Khotmul Quran dan Imtihan dengan kategori Tahfiz Juz 28, membaca doa khataman dengan diiringi bacaan “Aamiin” dari seluruh peserta Khotmul Qur’an dan Imtihan.

Ibu Anis Anisya, S.Pd. selaku Kepala Sekolah menyampaikan laporan mengenai peserta Khotmul Qur’an dan Imtihan tahun 2024 yang diikuti sebanyak 205 siswa dari kelas 5 dan 6 dengan kategori Tartil sebanyak 49 siswa, Tartil Tahfiz sebanyak 25 siswa, Tahfiz Juz 28 sebanyak 2 siswa, Tahfiz Juz 29 sebanyak 21 siswa, dan Tahfiz Juz 30 sebanyak 108 siswa. Dalam pesannya, beliau menyampaikan kepada peserta Khotmul Qur’an dan Imtihan untuk menjadikan momen Khotmul Qur’an sebagai motivasi untuk meningkatkan diri dalam mempelajari Al-Qur’an. Beliau juga berharap para peserta terus belajar membaca, menghafal, dan mempelajari Al-Qur’an setiap waktu.


Usai laporan dari Kepala Sekolah, kegiatan yang paling dinanti yaitu Imtihan dan tanya jawab. Kegiatan ini dipandu oleh Ustaz M. Abdul Hamid, M.Pd. selaku Kepala Penjamin Mutu Ummi kota Depok. Sebelumnya, beliau menyampaikan terkait tujuan adanya kegiatan Khotmul Qur’an dan Imtihan sebagai wujud pertanggungjawaban pihak sekolah kepada orang tua selama murid mengikuti proses pembelajaran Ummi di kelas. Kegiatan tanya jawab dan imtihan berjalan seru dan menarik. Orang tua murid antusias mengangkat tangan untuk bertanya dan menguji putra-putrinya sesuai kategori yang dicapai.  Salah satu orang tua dari Raisa Almira (siswa kelas 5 Khalid bin Walid)  meminta untuk Ananda membaca hafalan surat At-Thariiq. Kegiatan tanya jawab dan Imtihan diakhiri dengan prosesi salam takzim peserta Khotmul Qur’an dan Imtihan kepada orang tua. Momen penting bagi seluruh peserta Khotmul Qur’an dan Imtihan meminta maaf dan doa kepada orang tua. Sebelumnya, Ustaz M. Abdul Hamid, M.Pd. mengingatkan kepada seluruh peserta untuk senantiasa mengerjakan salat 5 waktu, terus membiasakan tilawah juga menghafal Qur’an, dan berbakti kepada orang tua.



Bapak dr. H. Imam Susanto Sjaichu, Sp.Bp. RE (K) selaku Direktur Utama Yayasan Islam Al-Hamidiyah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ummi Foundation yang senantiasa mendukung dan bekerja sama dalam menjaga mutu pembelajaran Al-Qur’an. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para orang tua murid atas kepercayaanya kepada Yayasan Islam Al-hamidiyah dalam memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak. Pun untuk seluruh tenaga pendidik atas keberhasilannya memberikan pendidikan dan pembelajaran Al-Qur’an kepada siswa-siswi.  Di akhir sambutan beliau menyampaikan selamat dan bangga kepada peserta Khotmul Qur’an dan Imtihan. Beliau berpesan agar para peserta terus belajar, jangan berhenti, dan jangan cepat puas dengan apa yang sudah diraih. Beliau juga berharap agar para murid senantiasa dekat kepada Al-Qur’an, menjaga akhlak dan nama baik almamater, serta menjadi kebanggaan orang tua.

Sebelum penyerahan sertifikat kepada peserta Khotmul Qur’an dan Imtihan, Ibu Helmin Firliani, S.Si. memberikan sambutan testimoni perwakilan dari orang tua murid. Beliau mengungkapkan kebanggaan dan kebahagiaan tak terkira atas pencapaian yang sudah diraih oleh seluruh peserta selama mengikuti proses pembelajaran Ummi.

Acara prosesi Khotmul Qur’an dan Imtihan Metode Ummi Angkatan IX SDIT Al-Hamidiyah ditutup dengan doa oleh Ustad Madinah, S.Ag. setelah sebelumnya disebutkan pengumuman peserta Khotmul Qur’an dan Imtihan terbaik tahun ini. Semoga Khotmul Qur’an dan Imtihan kali ini bukanlah akhir bagi seluruh peserta untuk terus membaca, menghafal, mempelajari bahkan mendalami Al-Quran. Mereka kelak akan tumbuh menjadi pribadi yang mencintai, menghafalkan, dan mengamalkan Al-Qur’an. Aamiin Ya Rabbal’alamiin…




Penulis : Suriyadi

Penyunting: Humas YIA

Archive