Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Seru dan Edukatif: Pengalaman Menyenangkan Murid kelas 3 di Godongijo

Jum'at, 23 Februari 2024 Oleh Hana Qonita 262 kali

Selasa 13 Februari 2024, para murid dan guru kelas 3  SDIT Al-Hamidiyah mengadakan Class Outing ke Godongijo, di daerah Cinangka, Bojongsari Sawangan. Tujuan diadakan Class Outing ke Godongijo adalah untuk mendekatkan murid dengan lingkungan, khususnya mengenal flora dan fauna, dan mempermudah pemahaman murid dengan menyuguhkan realita yang dapat menorehkan pengalaman mengesankan serta berinteraksi secara langsung dengan alam. Penyuguhan Class Outing yang dikemas menggunakan dua bahasa (English dan Bahasa Indonesia) diharapkan dapat memupuk dan menguatkan antusiasme dalam menggunakan Bahasa Inggris sederhana dalam kehidupan sehari-hari dan tentunya dapat memperkuat rasa percaya diri siswa dalam berkomunikasi di kemudian hari.


Perjalanan menuju lokasi Godongijo berjalan lancar. Jarak yang dekat dari sekolah dan tanpa macet selama perjalanan membuat murid SDIT Al-Hamidiyah  tiba di tujuan sesuai dengan waktu yang direncanakan. Setibanya di lokasi Godongijo, seluruh murid berkumpul di aula sebagai tempat opening ceremony sekaligus sebagai basecamp meletakkan tas dan perlengkapan murid. Kegiatan diawali dengan membaca ikrar dan doa bersama. Selanjutnya perkenalan kakak-kakak dari Godongijo sebagai guide selama kegiatan berlangsung. Acara selanjutnya yaitu kegiatan ice breaking senam bersama dipimpin kakak dari Godongijo. Selesai senam, seluruh murid menyaksikan tayangan video terkait Global Warming.




Setelah menyaksikan video, kakak-kakak dari Godongijo membagi murid ke dalam beberapa kelompok sesuai kelas dengan ditemani dua kakak sebagai guide. Dari masing-masing kelompok, nantinya para murid akan mengikuti 13 kegiatan yang dibagi secara bergantian sesuai alur kelompok yang telah ditentukan.

Adapun kegiatan-kegiatan tersebut yaitu:

  1. Robotic Aero Gilder (Prototype Pembangkit Listrik tenaga Angin),

  2. Workshop : Transplantion of planting (mencangkok),

  3. Making Spinach Bento (Nuget Bayam),

  4. Making Green Noodle and Enjoy the Noodle,

  5. Reptiles and Mammals Corner : Feeding Iguana, Tortoise, Lizards and Gecko,

  6. Feeding Giant Tortoise and Fish,

  7. Visit the Waterfall and Rain Forest of Godongijo,

  8. Visit Education Farm,

  9. Making Milk Shake – Fruity Milk Shake,

  10. Traditonal and Team Building Games : Engrang Bambu, Engrang Batok, Bakiak, 

  11. Touring Mini Zoo (Iguana, Musang, Kalong, Angsa, Kelinci, Burung),

  12. Visit : Green House, Vertical Garden,

  13. Playing Trampolline and Spider Web.


Aruni, salah satu murid dari kelas 3 Utsman bin Affan, menyatakan kesukaanya saat mengikuti kegiatan Class Outing di Godongijo. Baginya kegiatan paling menarik yaitu Reptiles and Mammals Corner : Feeding Iguana, Tortoise, Lizards and Gecko, atau lebih tepatnya saat memegang ular. Awalnya dia merasa takut memegang ular karena merupakan pengalaman pertama kali. Setelah dicoba, ia merasa senang. 

“Seru…. lembut-lembut gimana gitu…!” ungkap Aruni saat memegang ular.




Sementara Arka, murid dari kelas 3 Khalid bin Walid, terkesan dengan kegiatan Playing Trampolline and Spider Web karena bisa mengalahkan teman saat bermain.

Mr. Sarbini, S.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan yang turut serta menemani kegiatang Class Outing kelas 3 menyatakan, “Kegiatan field trip kelas 3 ini sangat baik dan banyak memberikan pengalaman dan pemahaman baru untuk anak-anak dengan cara yang menarik dan terlibat langsung dalam prosesnya. Seperti mencangkok, membuat mie dan milkshake, pengenalan reptil, dsb. Murid-murid terlihat senang mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut. Hal ini membuktikan proses pembelajaran yang menarik dapat dilakukan di mana saja.” Beliau kemudian menyampaikan pesannya, “Semoga kegiatan bermanfaat seperti ini dapat terus diadakan dengan tempat dan aktivitas yang variatif dan memiliki nilai edukasi bagi murid.”


Kegiatan Class Outing ditutup dengan membagikan hasil karya berupa Aero Gilder dan Spinach Bento. Kemudian seluruh murid membaca doa pulang bersama-sama di aula. Sebelum pulang, kakak-kakak guide dari Godongijo mengucapkan terima kasih dan rasa gembira atas kehadiran murid level 3 dan guru dari SDIT Al-Hamidiyah. Setelah itu, seluruh murid dan para kakak guide bersalaman sebagai ungkapan terima kasih dan salam perpisahan.


Semoga kegiatan Class Outing kali ini dapat membawa banyak manfaat yang berguna kelak bagi seluruh murid kelas 3 SDIT Al-Hamidiyah.


Penulis : Endang Gayatri Fuji Lestari, M. Pd. dan Suriyadi, S.Pd.I

Penyunting : Humas YIA

Archive