Yayasan Islam Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

FKOM SDIT Al-Hamidiyah Gelar Seminar Edukasi Cegah Perundungan "Be A Hero Not A Bully"

Jum'at, 15 Desember 2023 Oleh Hana Qonita 199 kali

Forum Komunikasi Orang Tua atau biasa disingkat FKOM SDIT Al-Hamidiyah mengadakan Seminar Edukasi Cegah Perundungan bagi Siswa SDIT Al-Hamidiyah dengan tema "Be A Hero Not A Bully". Adapun tujuan dari seminar ini untuk memberikan pemahaman kepada murid tentang perundungan, terutama di lingkungan sekolah. 


Kegiatan seminar dilaksanakan di aula SDIT Al-Hamidiyah pada tanggal 7-12 Desember 2023 dan diikuti oleh seluruh murid SDIT Al-Hamidiyah. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi untuk dua level setiap harinya. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 WIB-09.00 WIB dan sesi kedua pada pukul 09.30 WIB-11.00 WIB.

 

Hari pertama seminar, Kamis, 7 Desember 2023, seminar diikuti oleh siswa level 3 beserta dengan dewan guru. Kegiatan seminar diawali dengan pembukaan oleh MC yaitu Mama Daffa yang dilanjutkan penyampaian sambutan oleh Miss Anis Anisya selaku kepala sekolah. 


Miss Anis Anisya menyampaikan bahwa kegiatan seminar ini teramat penting untuk diikuti oleh semua pihak. Hal ini disebabkan karena kita menjadi belajar menyayangi, menghargai, dan berkolaborasi dengan teman tanpa menyakiti satu sama lain. Setelah berakhirnya kegiatan ini, beliau berharap semua pihak dapat lebih memberikan rasa sayang, aware, menghargai siapapun, dan berbahagia sehingga menjadi keluarga besar SDIT Al-Hamidiyah yang hebat. 


Acara inti Seminar Edukasi Cegah Perundungan bagi Siswa SDIT Al-Hamidiyah disampaikan oleh pemateri Ibu Nila Sari dan Ibu Fadhilah. Ibu Nila Sari merupakan pendongeng, pendidik, sekaligus aktivis Read Aloud. Beliau juga merupakan pendiri  dari Rumah Baca F.W.E. Sementara Ibu Fadhilah sosok pembaca cerita, sekaligus fasilitator ibu penggerak Saidina Community.


Kegiatan seminar berjalan seru dan menarik. Selain pemberian materi secara tulisan, siswa juga diberikan penjelasan oleh pemateri melalui tayangan film kartun, studi kasus dan praktik sehingga memudahkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Usai pemberian materi seminar, kegiatan dilanjutkan mendengarkan cerita yang dibacakan secara langsung oleh Ibu Fadhilah. Siswa level 3 antusias menyimak. Selanjutnya Ibu Fadhilah memberikan kuis dan doorprize bagi murid terpilih dan mampu menjawab pertanyaan. 


Raihan, salah satu siswa dari kelas 3 Khalid bin Walid mengungkapkan, ia senang bisa ikut kegiatan ini karena menambah ilmu dan tidak mau menjadi pelaku bully di mana pun. Seminar edukasi perundungan ini dapat menjadi langkah positif menuju sekolah yang aman dan nyaman bagi semua murid.


Yuk, kita menjadi Pahlawan tanpa Membully!

KITA BISA!



Archive