SDIT Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Guru SDIT Al-Hamidiyah Tingkatkan Kompetensi: Pelatihan Penyusunan RPP Berdiferensiasi Perkuat Implementasi Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Agustus 2024 Oleh Hana Qonita 232 kali

Guru yang hebat terus belajar dan berkembang!

Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan setiap murid saat belajar sesuai dengan kebutuhan dan pontensinya, guru-guru SDIT Al-Hamidiyah mengikuti pelatihan Penguatan Kurikulum Merdeka. Pelatihan yang berlangsung pada Rabu, 14 Agustus 2024 membahas tentang penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi dan implementasinya di kelas. Pelatihan ini diberikan oleh Ibu R. Eti Susanti, M.Pd. yang merupakan Pengawas Dinas Pendidikan Kota Depok.



Ibu Anis Anisya, S.Pd., selaku Kepala SDIT Al-Hamidiyah, menyampaikan harapan dalam sambutannya agar para guru mendapatkan energi positif setelah mengikuti pelatihan ini. Harapan yang sama disampaikan Ibu R. Eti Susanti, M.Pd., atau biasa dipanggil Bunda Retis. Beliau menginginkan pelatihan ini berlangsung dengan komunikasi dua arah dan menyenangkan.


Pada tahap awal Bunda Retis menjelaskan pembelajaran berdiferensiasi merupakan serangkaian keputusan masuk akal yang dibuat oleh guru berorientasi kepada murid dengan beberapa kriteria tertentu. Setelah itu, beliau memaparkan kriteria, strategi, dan langkah-langkah menyusun pembelajaran berdiferensiasi. Adapun langkah-langkah menyusun pembelajarannya yaitu:


1. Tetapkan tujuan pembelajaran,

2. Petakan kebutuhan belajar murid,

3. Tentukan Strategi dan alat penilaian,

4. Rancanglah kegiatan pembelajaran berdiferensiasi,

5. Refleksi.


Pelatihan ini juga diisi dengan sesi praktik. Para guru berkesempatan untuk menyusun RPP berdiferensiasi secara berkelompok sesuai fase. Setelah itu, mereka mempraktikkan pembelajaran sesuai RPP yang telah didiskusikan. Fase A mempraktikkan pembelajaran dengan materi nama hewan dalam Bahasa Inggris. Fase B melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi dengan materi ciri makhluk hidup. Fase C menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan materi ciri khusus hewan. Semua fase sudah berhasil menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan strategi diferensiasi (diferensiasi konten, proses, dan produk).


Ms. Aulia, guru kelas 5, sebagai salah satu peserta dalam kegiatan ini, mengatakan bahwa pelatihan ini menambah pengetahuan dan pemahaman yang benar terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Selain itu, penyajian materi oleh pembicara dikemas menarik dengan ice breaking sehingga tidak membosankan. Ms. Aulia berharap semoga guru senantiasa bersemangat menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa yang beragam, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa, mendorong keterlibatan dan motivasi siswa dalam belajar.

Pelatihan penyusunan RPP berdiferensiasi merupakan salah satu langkah nyata SDIT Al-Hamidiyah dalam memastikan semua guru memiliki kompetensi yang mumpuni dalam mendukung suksesnya penerapan Kurikulum Merdeka. Semoga mereka bisa menjadi agen perubahan yang membawa pembelajaran di sekolah menjadi lebih efektif dan bermakna bagi murid.


Penulis : Fitri Rahma Sari, S.Pd.

Penyunting : Humas YIA

Archive