SDIT Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Perayaan Hari Guru 2023: Kolaborasi SDIT Al-Hamidiyah bersama Guest Teacher

Senin, 04 Desember 2023 Oleh Hana Qonita 464 kali

"Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah"

Ki Hadjar Dewantara

Dalam rangka memperingati Hari Guru yang jatuh pada tanggal 25 November 2023, SDIT Al-Hamidiyah dengan bangga mempersembahkan program Guest Teacher. Salah satu program terbaru yang mengajak perwakilan dari Yayasan Islam Al-Hamidiyah dan wali murid untuk berperan sebagai guru selama kurang lebih 1 jam bersama para murid di dalam kelas. Dengan keragaman latar belakang pendidikan juga profesi masing-masing Guest Teacher, para murid diharapkan memperoleh tambahan ilmu pengetahuan dan pengalaman secara langsung.



Berdasarkan formasi yang diperoleh dari panitia, banyak dari wali murid yang antusias mengikuti kegiatan Guest Teacher ini. Antusiasme ini tampak dari materi menarik yang disampaikan oleh Guest Teacher antara lain cara kerja eskalator, ilmu kebidanan, belajar yang menyenangkan, How to be a Lawyer, dan lain-lain. Zhafira Queena Raisa atau biasa dipanggil Queena, salah satu siswa kelas 5 Khalid bin Walid menyatakan pendapatnya mengenai kegiatan Guest Teacher, “Bagus! Seru-seru! Menurutku ilmu yang dibagikan jarang diketahui. Jadi, aku senang bisa mempelajari ilmu tersebut. Aku suka banget bagian penjelasan eskalator. Seru aja gitu banyak yang harus dihafalin.” Ketika ditanya mengenai saran Guest Teacher untuk pertemuan berikutnya, Quenaa menyatakan ingin mengetahui tentang pilot dan dokter karena sangat penasaran dengan dua profesi tersebut. 



Sementara itu sebelum kegiatan Guest Teacher dari wali murid, para murid mengikuti kegiatan pembelajaran dengan guru dari perwakilan Yayasan Islam Al-Hamidiyah. Masing-masing divisi mengirimkan satu atau dua utusan untuk menjadi Guest Teacher. Mereka mengajar di kelas yang telah ditentukan sesuai keahlian yang masing-masing. Ada yang mengajar IPA dengan materi fotosintesis, cara mengatur keuangan, happy with story, gadget positif, pahlawan keamanan, pemeliharaan bangunan dan tempat tinggal,  interpersonal skill, menabung, dan lain-lain. 



Kegiatan hari guru ditutup dengan foto bersama murid dan Guest Teacher di kelas. Setelah itu dilanjut makan tumpeng bersama guru yang disediakan oleh FKOM di level masing-masing. Selamat Hari Guru Nasional 2023. Bergerak bersama rayakan merdeka belajar. Semoga para guru terus menginspirasi murid menjadi lebih baik, sukses, dan bermanfaat bagi semesta.


Penulis : Suriyadi

Penyunting: Tim Kominfo YIA

Archive