SDIT Al-Hamidiyah
Home > Berita
Berita

Menghidupkan Nilai Akhlak Rasulullah; SDIT Al-Hamidiyah Gelar Acara Maulid Nabi 1446 H

Jum'at, 27 September 2024 Oleh Hana Qonita 134 kali

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. 1446 H, SDIT Al-Hamidiyah menggelar berbagai kegiatan pada tanggal 17 dan 19 September 2024. Kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya bersifat edukatif tetapi juga menghibur para murid. Adapun tema dari kegiatan ini adalah “Dengan Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Mari Tingkatkan Akhlakulkarimah dengan Memperbanyak  Salawat.”

Rangkaian kegiatan dibuka dengan berbagai lomba kreatif pada Selasa, 17 September 2024. Lomba yang dilaksanakan yaitu lomba mewarnai untuk murid kelas 1 dan 2, lomba kaligrafi untuk murid kelas 3 dan 4, serta lomba membuat poster untuk murid kelas 5 dan 6. Waktu pelaksanaan lomba berbeda-beda untuk setiap level. 




Puncak acara Maulid Nabi Muhammad saw. dilaksanakan pada Kamis, 19 September 2024. Seluruh murid SDIT Al-Hamidiyah berkumpul pada pukul 07.00 WIB. Selain itu, perwakilan dari Direktorat Pendidikan Yayasan Islam Al-Hamidiyah dan kepala sekolah tiap unit Yayasan Islam Al-Hamidiyah pun turut hadir dalam acara spesial ini. 


Lantunan tahlil dan pembacaan rawi yang dibawakan oleh Guramiyah, grup salawat guru SDIT Al-Hamidiyah, menggema di lapangan sekolah. Acara dibuka oleh Miss Mona Rosdiana, S.Pd. dan dilanjutkan paduan suara menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Yayasan Islam Al-Hamidiyah, serta Mars SDIT Al-Hamdiyah. Suasana terasa khusyuk saat pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh ananda Habibi Ibni Asady Purwanto (murid kelas 5 Abu Bakar) dan pembacaan sari tilawah oleh ananda Nabila Putri Zaina (murid kelas 6 Utsman).



Ibu Anis Anisya, S.Pd., Kepala SDIT Al-Hamidiyah, mengingatkan kembali para murid tujuan memperingati Maulid Nabi saw. Beliau menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah Swt. karena telah memberikan karunia berupa kehadiran Nabi Muhammad sang penunjuk jalan kebenaran. Selain itu, Maulid Nabi mengingatkan kita untuk meneladani akhlak Rasulullah SAW. dan sebagai sarana syiar dakwah ajarannya. 



Bapak Hadi Sukoco, M.Pd., Kepala Divisi PAUD Dikdasmen Yayasan Islam Al-Hamidiyah, juga menyampaikan beberapa akhlak Rasulullah SAW. yang bisa diamalkan para murid dalam kehidupan sehari-hari. Amalan tersebut yaitu membuang sampah di tempat sampah, melaksanakan salat dan puasa sunah, serta rajin bersalawat.


Acara semakin meriah dengan kehadiran bintang tamu istimewa, yaitu Kayla Hafiz Indonesia RCTI. Ia memberikan tips menghafal Al-Qur’an kepada murid SDIT Al-Hamidiyah yaitu sebagai berikut.

  1. Luruskan niat.

  2. Teguhkan keyakinan.

  3. Salat tepat waktu dan berdoa.

  4. Meminta doa restu orang tua.

  5. Akrabkan diri terhadap Al-Qur’an.

  6. Berwudu sebelum memulai hafalan atau murojaah.

  7. Gunakan metode hafalan yang paling mudah.

  8. Hindari berbuat dosa supaya Al-Qur’an tetap di hati kita. 



Selain Kayla, ceramah inspiratif yang menyenangkan juga memeriahkan acara Maulid Nabi. Kak Toyib, panggilan akrabnya, menceritakan akhlak Nabi Muhammad saw. yang begitu indah. Riuh tawa sesekali terdengar saat ia bercerita. Di akhir ceramah, ia mengingatkan semua murid untuk selalu cinta Allah, cinta Rasul, dan cinta Al Qur’an.



Peringatan Maulid Nabi ditutup pembacaan doa oleh Pak Luthfi yang dilanjutkan lantunan salawat dan tari sufi dari Munir Debu dan Na’am Grup. Ketika salawat mulai dinyanyikan, para murid pun ikut bersalawat dengan riang. Kebahagiaan ini semakin lengkap saat penampilan tari sufi yang begitu memukau dengan gerakan indahnya. 



Acara Maulid Nabi Muhammad SAW. 1446 H di SDIT Al-Hamidiyah sukses menciptakan suasana yang penuh kebersamaan dan keberkahan. Semoga kegiatan ini mampu memperkuat kecintaan para murid kepada Rasulullah dan menjadi momen refleksi diri untuk memperbaiki akhlak dalam kehidupan sehari-hari. 


Penulis : Fitri Rahma Sari, S.Pd.

Archive